pengertian akomodasi

Pengertian Akomodasi | Arti, Tujuan, Bentuk-Bentuk dan Contohnya

Pengertian akomodasi – Apa itu akomodasi? Akomodasi dapat diartikan sebagai fasilitas penginapan. Namun dalam ilmu sosial, definisi akomodasi memiliki arti lain. Akomodasi diartikan sebagai upaya untuk menyelesaikan masalah antar dua belah pihak sehingga keadaan menjadi kondusif.

Akomodasi merupakan salah satu jenis bentuk-bentuk interaksi sosial asosiatif, yang terdiri dari kerjasama, akomodasi, akulturasi, dan asimilasi. Terdapat beberapa jenis-jenis akomodasi di antara yaitu koersi, kompromi, arbitrase, mediasi, konsiliasi, toleransi, dan stalemate.

Nah di bawah ini akan diulas mengenai penjelasan mengenai apa itu pengertian akomodasi, tujuan akomodasi, serta bentuk-bentuk dan contoh akomodasi selengkapnya.

(baca juga pengertian asimilasi)

pengertian akomodasi

Pengertian Akomodasi

Pengertian akomodasi dalam ilmu sosial secara umum merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah atau konflik yang terjadi antara dua pihak atau lebih sehingga tercapai suatu keadaan yang lebih kondusif.

Sementara arti akomodasi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah penyesuaian manusia dalam kesatuan sosial untuk menghindari dan meredakan interaksi ketegangan dan konflik. Bisa juga diartikan sebagai penyesuaian sosial dalam interaksi antara pribadi dan kelompok manusia untuk meredakan pertentangan.

Ada juga definisi akomodasi lain dalam bidang pariwisata yang merujuk pada fasilitas penginapan dan perhotelan. Ada juga istilah akomodasi mata yakni penyesuaian mata untuk melihat. Namun dalam artikel ini yang dibahas adalah akomodasi dalam bidang ilmu sosial dan psikologi.

Tujuan Akomodasi

Berikut merupakan beberapa fungsi dan tujuan akomodasi bagi pihak-pihak yang terlibat selengkapnya.

  • Mengurangi pertentangan antara orang perorangan atau kelompok-kelompok karena terjadinya konflik dan perbedaan paham.
  • Mencegah meledaknya suatu pertentangan untuk sementara waktu atau secara temporer.
  • Memungkinkan terwujudnya kerja sama antara kelompok-kelompok sosial yang hidupnya terpisah sebagai akibat faktor-faktor sosial psikologis dan kebudayaan
  • Mengusahakan peleburan antara kelompok-kelompok sosial yang terpisah, misalnya lewat perkawinan campuran.
  • Melebur kelompok sosial yang terpisah akibat konflik tertentu yang sedang terjadi. 

Bentuk-Bentuk Akomodasi

Berikut merupakan bentuk-bentuk akomodasi beserta pengertian dan karakteristik lengkapnya.

  • Koersi, yakni bentuk akomodasi yang berlangsung karena paksaan kehendak suatu pihak terhadap pihak lain yang lemah dengan didominasi suatu kelompok atas kelompok lain.
  • Kompromi, yakni bentuk akomodasi dimana pihak-pihak terlibat perselisihan saling meredakan tuntutan sehingga tercapai suatu penyelesaian bersama dengan cara kompromi.
  • Arbitrase, yakni bentuk akomodasi yang terjadi jika terdapat pihak-pihak yang berselisih tidak sanggup mencapai kompromi sendiri, sehingga diundanglah kelompok ketiga yang tidak berat sebelah untuk mengusahakan penyelesaian.
  • Mediasi, yakni bentuk akomidasi dengan melibatkan pihak ketiga untuk penengah atau juru damai.
  • Konsiliasi, yakni bentuk akomodasi berupa upaya mempertemukan keinginan pihak-pihak yang berselisih untuk tercapainya suat persetujuan bersama.
  • Toleransi, yakni bentuk akomodasi tanpa adanya persetujuan resmi karena tanpa disadari dan direncanakan, adanya keinginan untuk menghindarkan diri dari perselisihan yang saling merugikan.
  • Stalemate, yakni bentuk akomodasi yang terjadi saat kelompok yang terlibat pertentangan memiliki kekuatan seimbang, sehingga konflik akan berhenti dengan sendirinya.

Tinggalkan komentar