Pelaku Ekonomi | Pengertian, Peran, Macam-Macam & Contohnya

Pelaku Ekonomi | Pengertian, Peran, Macam-Macam & Contohnya

Kegiatan ekonomi bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saat kita membeli barang di pasar atau menabung di bank. Berdasarkan jenisnya, ada 4 macam-macam pelaku ekonomi yang ada, dimana tiap jenis memiliki peran pelaku ekonomi masing-masing, baik sebagai produsen, distributor atau konsumen.

Jika dijabarkan, maka pengertian ekonomi secara umum adalah salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Ilmu ekonomi dipelajari secara luas dan dibedakan menjadi ekonomi makro dan ekonomi mikro sesuai segmentasi pasar.

Dalam kegiatan ekonomi, terdapat beberapa pelaku ekonomi yang terlibat dari ruang lingkup kecil sampai yang besar. Secara umum macam-macam pelaku ekonomi dibedakan menjadi empat, yakni rumah tangga keluarga, perusahaan, negara dan masyarakat luar negeri.

Tentunya tiap macam memiliki peran yang berbeda-beda, bisa sebagai produsen yang melakukan kegiatan produksi, bisa juga sebagai distributor yang melakukan kegiatan distribusi atau bisa juga sebagai konsumen yang melakukan kegiatan konsumsi.

(baca juga pengertian bank)

pengertian macam-macam peran pelaku ekonomi

Pelaku Ekonomi

Apa itu pelaku ekonomi? Apa pula contoh dan macam-macam pelaku ekonomi beserta perannya masing-masing? Kami akan jelaskan pembahasannya berikut.

Pengertian Pelaku Ekonomi

Pengertian pelaku ekonomi adalah individu, kelompok, atau lembaga yang melakukan kegiatan perekonomian baik produksi, distribusi, dan konsumsi.

Contoh Pelaku Ekonomi

Secara umum pembagian pelaku ekonomi dibedakan menjadi empat. Adapun 4 contoh pelaku ekonomi antara lain adalah sebagai berikut.

  • Rumah tangga keluarga
  • Perusahaan
  • Negara/pemerintah
  • Masyarakat luar negeri

Peran Pelaku Ekonomi

Berikut ini adalah peran pelaku kegiatan ekonomi meliputi rumah tangga keluarga, masyarakat, perusahaan dan pemerintah.

1. Rumah Tangga Keluarga

a) Rumah Tangga Keluarga Sebagai Konsumen

Rumah tangga keluarga merupakan pelaku ekonomi yang paling sering melakukan kegiatan konsumen terhadap produk atau barang atau jasa untuk memenuhi kehidupan. Kegiatan konsumsi keluarga dipengaruhi oleh pendapatan, jumlah anggota keluarga, status sosial dan harga barang atau jasa.

b) Rumah Tangga Keluarga Sebagai Produsen

Rumah tangga keluarga juga memiliki peran sebagai produsen, yakni sebagai penyedia faktor produksi bagi pelaku ekonomi lainnya. Adapun contoh faktor produksi di ruang lingkup rumah tangga keluarga misalnya adalah tenaga kerja, tanah atau lahan, bahan baku, modal dan juga wirausaha.

2. Perusahaan

a) Perusahaan Sebagai Produsen

Peran utama perusahaan adalah melakukan kegiatan produksi. Sesuai dengan fungsinya, perusahaan dalam aktivitasnya selalu menghasilkan barang atau jasa. Perusahaan harus menentukan barang/jasa yang akan diproduksi, mengelola barang/jasa tersebut dan memastikan barang/jasa tersebut dibutuhkan oleh masyarakat.

b) Perusahaan Sebagai Distributor

Perusahaan juga memiliki peran sebagai distributor. Dalam hal ini, kegiatan yang dilakukan perusahaan adalah mengadakan kegiatan promosi, mengadakan kegiatan perdagangan, membuka agen atau cabang serta memiliki armada angkutan.

c) Perusahaan Sebagai Konsumen

Perusahaan juga melakukan kegiatan sebagai konsumen yang berkaitan dengan produksi. Berkaitan dengan kegiatan konsumsi, perusahaan melakukan pengadaan bahan baku, pengadaan alat dan sarana serta pembayaran upah dan gaji karyawan.

3. Negara

a) Negara Sebagai Produsen

Negara berperan sebagai produsen dan melakukan kegiatan produksi. Adapun kegiatan produksi yang dilakukan pemerintah bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat, antara lain membangun pembangkit tenaga listrik, membangun sarana transportasi, membangun perusahaan air minum, membuat layanan kesehatan dan lain sebagainya.

Umumnya kegiatan produksi dilakukan oleh BUMN yang dikelola negara. Adapun contoh BUMN di Indonesia misalnya yaitu pertamina, PLN, Bank Mandiri, PT Kereta Api dan lain-lain.

b) Negara Sebagai Konsumen

Negara juga berperan sebagai konsumen. Kegiatan konsumsi yang dilaksanakan pemerintah bertujuan untuk menjalankan roda pemerintahan, antara lain membayar gaji pegawai, menggunakan tenaga ahli, menggunakan alat-alat kantor, memanfaatkan energi listrik dan lain sebagainya.

c) Negara Sebagai Pengatur Ekonomi

Negara juga berperan sebagai pengatur ekonomi. Dalam perannya sebagai pengatur kegiatan ekonomi, pemerintah membuat berbagai peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi, misalnya membuat kebijakan fiskal, membuat kebijakan moneter, mengatur ekspor impor, menentukan pajak dan lain sebagainya.

4. Masyarakat Luar Negeri

a) Masyarakat Luar Negeri Sebagai Produsen

Masyarakat luar negeri bisa berperan sebagai produsen. Dalam kegiatannya sebagai produsen, terjadi kegiatan impor barang dari luar negeri.

b) Masyarakat Luar Negeri Sebagai Konsumen

Masyarakat luar negeri bisa berperan sebagai konsumen. Dalam kegiatannya sebagai konsumen, terjadi kegiatan ekspor barang menuju luar negeri.

Nah itulah referensi penjelasan mengenai pengertian pelaku ekonomi beserta peran, fungsi, macam-macam dan contoh pelaku ekonomi selengkapnya. Semoga bisa menambah wawasan.

Tinggalkan komentar