Nama-Nama Bulan dalam Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya

Nama-Nama Bulan dalam Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya

Nama-nama bulan dalam bahasa Inggris – Terdapat 12 hari yang ada dalam 1 tahun. Apa saja nama-nama bulan? Kita mungkin tahu bahwa nama-nama bulan dalam bahasa Indonesia adalah Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November dan Desember. Namun apakah kamu hafal nama-nama bulan dalam bahasa Inggris?

Dalam 1 bulan terdapat 30 atau 31 hari, kecuali Februari dengan 28 hari (saat tahun kabisat 29 hari). Bulan dengan jumlah 31 hari adalah Januari, Maret, Mei, Juli, Agustus, Oktober dan Desember. Sedangkan bulan dengan jumlah 30 hari adalah April, Juni, September dan November. Bulan pertama adalah Januari, sedangkan bulan terakhir adalah Desember.

Bulan dalam sistem penanggalan merupakan satuan waktu berdasarkan pergerakan bulan. Total waktu 12 bulan akan membentuk 1 tahun yang merupakan waktu revolusi Bumi, yaitu waktu berputarnya Bumi pada matahari yakni 365 hari (366 hari saat tahun kabisat).

Bahasa Inggris dari nama-nama bulan termasuk sangat dasar karena banyak orang yang sudah tahu dan hafal. Pelajaran ini sudah diajarkan sejak tingkat SD atau bahkan TK. Meski begitu masih banyak yang belum tahu karena memang banyak bahasa Inggris nama bulan yang hampir sama, tapi cara pengucapannya berbeda.

Dalam artikel ini akan lebih dijelaskan nama-nama bulan dalam bahasa Inggris, termasuk ejaannya, cara membacanya serta contoh kalimat. Pelajaran ini tidak hanya untuk anak-anak yang baru belajar bahasa Inggris saja, namun bisa bagi orang lain yang mungkin masih belum tahu.

(baca juga nama-nama hari dalam bahasa Inggris)

nama-nama bulan dalam bahasa inggris

Nama-Nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan ke-Bahasa IndonesiaBahasa Inggris
1JanuariJanuary
2FebruariFebruary
3MaretMarch
4AprilApril
5MeiMay
6JuniJune
7JuliJuly
8AgustusAugust
9SeptemberSeptember
10OktoberOctober
11NopemberNovember
12DesemberDecember

Berikut pembahasan satu per satu mengenai nama-nama bulan dlm bahasa Inggris beserta cara membaca, penjelasan, singkatan dan contoh kalimatnya dalam percakapan sehari-hari.

1. Januari = January

Bulan Januari adalah bulan pertama dalam kalender Masehi. Terdapat 31 hari dalam bulan Januari. Bahasa Inggris Januari adalah January. Hampir sama memang, hanya perubahan huruf ‘i’ di akhir kata menjadi ‘y’. Cara membaca dan pengucapan kata January adalah /ˈdʒanjʊ(ə)ri/.

Contoh kalimat : Roni was born in January.

2. Februari = February

Bulan Februari adalah bulan kedua dalam kalender Masehi. Terdapat 28 hari dalam bulan Februari, kecuali saat tahun kabisat ada 29 hari. Bahasa Inggris Februari adalah February. Sama dengan Januari, perbedaannya hanya ada di bagian akhir kata saja. Cara membaca dan pengucapan kata February adalah /ˈfɛbrʊəri/.

Contoh kalimat : Michael got married in February.

3. Maret = March

Bulan Maret adalah bulan ketiga dalam kalender Masehi. Terdapat 31 hari dalam bulan Maret. Bahasa Inggris Maret adalah March. Cara membaca dan pengucapan kata March adalah /mɑːtʃ/.

Contoh kalimat : March is the third month of the year.

4. April = April

Bulan April adalah bulan keempat dalam kalender Masehi. Terdapat 30 hari dalam bulan April. Bahasa Inggris April adalah April. Artinya secara tulisan, bahasa Inggris April sama dengan bahasa Indonesianya, meski cara pengucapannya berbeda. Cara membaca dan pengucapan kata April adalah /ˈeɪpr(ɪ)l/.

Contoh kalimat : I will travel to Bali in April.

5. Mei = May

Bulan Mei adalah bulan kelima dalam kalender Masehi. Terdapat 31 hari dalam bulan Mei. Bahasa Inggris Mei adalah May. Cara membaca dan pengucapan kata May adalah /meɪ/.

Contoh kalimat : My birthday is on 18th of May.

6. Juni = June

Bulan Juni adalah bulan keenam dalam kalender Masehi. Terdapat 30 hari dalam bulan Juni. Bahasa Inggris Juni adalah June. Cara membaca dan pengucapan kata June adalah /dʒuːn/.

Contoh kalimat : He will staying on Makassar until June.

7. Juli = July

Bulan Juli adalah bulan ketujuh dalam kalender Masehi. Terdapat 31 hari dalam bulan Juli. Bahasa Inggris Juli adalah July. Cara membaca dan pengucapan kata July adalah /dʒʊˈlʌɪ/.

Contoh kalimat : Who wants to go with me on July?

8. Agustus = August

Bulan Agustus adalah bulan kedelapan dalam kalender Masehi. Terdapat 31 hari dalam bulan Agustus. Bahasa Inggris Agustus adalah August. Cara membaca dan pengucapan kata August adalah /ɔːˈɡʌst/.

Contoh kalimat : In August, the weather is so hot.

9. September = September

Bulan September adalah bulan kesembilan dalam kalender Masehi. Terdapat 30 hari dalam bulan September. Bahasa Inggris September adalah September. Artinya secara tulisan, bahasa Inggris September sama dengan bahasa Indonesianya, meski cara pengucapannya berbeda. Cara membaca dan pengucapan kata September adalah /sɛpˈtɛmbə/.

Contoh kalimat : Riana was born in September.

10. Oktober = October

Bulan Oktober adalah bulan kesepuluh dalam kalender Masehi. Terdapat 31 hari dalam bulan Oktober. Bahasa Inggris Oktober adalah October. Cara membaca dan pengucapan kata October adalah /ɒkˈtəʊbə/.

Contoh kalimat : The final exam will be held in October.

11. Nopember = November

Bulan Nopember adalah bulan kesebelas dalam kalender Masehi. Terdapat 30 hari dalam bulan Nopember. Bahasa Inggris Nopember adalah November. Cara membaca dan pengucapan kata November adalah /nə(ʊ)ˈvɛmbə/.

Contoh kalimat : Putri will held a birthday party in November.

12. Desember = December

Bulan Desember adalah bulan keduabelas dalam kalender Masehi. Terdapat 31 hari dalam bulan Desember. Bahasa Inggris Desember adalah December. Cara membaca dan pengucapan kata December adalah /dɪˈsɛmbə/.

Contoh kalimat : December is the last month of the year.

Nah demikian referensi nama-nama bulan dalam bahasa Inggris lengkap beserta penjelasan cara pengucapannya serta penggunaannya dalam contoh kalimat. Tidak sulit menghafal bahasa Inggris nama-nama bulan karena memang ejaannya hampir sama dengan versi bahasa Indonesianya.

Tinggalkan komentar