Manfaat Mempelajari Sejarah & Fungsi Sejarah Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Mempelajari Sejarah & Fungsi Sejarah Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat sejarah – Sejarah adalah segala sesuatu yang terjadi di masa lampau. Fungsi sejarah pun penting untuk media pembelajaran dan pengetahuan. Jika dijabarkan lagi ada banyak manfaat belajar sejarah yang lainnya termasuk sebagai media rekreatif dan inspiratif. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai tujuan sejarah dan manfaat mempelajari sejarah terlengkap.

Pengertian sejarah secara umum adalah kajian tentang masa lampau, khususnya bagaimana kaitannya dengan manusia. Terdapat 4 ruang lingkup sejarah yaitu sejarah sebagai peristiwa, sejarah sebagai ilmu pengetahuan, sejarah sebagai kisah serta sejarah sebagai seni. Tiap ruang lingkup memiliki ciri dan definisi masing-masing dan dibedakan berdasarkan konsepnya.

Terdapat pula macam-macam sejarah berdasarkan lokasi, tujuan dan waktunya. Apa pun itu, asalkan peristiwa itu benar-benar terjadi maka bisa dikategorikan sebagai sebuah sejarah. Sebagai cabang ilmu, sejarah juga diteliti dan dipelajari. Tentu ada beberapa manfaat mempelajari sejarah yang berguna bagi manusia.

manfaat mempelajari sejarah

Manfaat Belajar Sejarah

Apa manfaat belajar sejarah? Ada banyak fungsi dan manfaat sejarah yang didapat. Berikut akan dijelaskan manfaat sejarah dan tujuan mempelajari sejarah selengkapnya.

Mengetahui Peristiwa di Masa Lampau

Tujuan belajar sejarah yang utama tentu untuk mengetahui peristiwa yang terjadi di masa lampau. Hal ini merupakan dasar utama dari belajar sejarah. Kita bisa mengetahui apa yang terjadi di masa lalu, siapa yang terlibat, dimana peristiwa terjadi dan apa dampak dari peristiwa tersebut. Belajar sejarah akan menambah pengetahuan dan wawasan dari era ke era.

Manfaat Edukatif dan Pembelajaran

Salah satu fungsi mempelajari sejarah adalah berfungsi sebagai sarana edukatif. Artinya sejarah digunakan sebagai media pembelajaran. Kita pun bisa mempelajari sejarah, belajar mengenai tokoh dan peristiwa bersejarah yang telah terjadi di masa lampau.

Sebagai Sumber Inspirasi

Manfaat belajar sejarah berikutnya adalah manfaat inspiratif. Artinya sejarah digunakan sebagai sumber inpsirasi untuk kita saat ini. Misalnya bangsa Indonesia yang dulu pernah berjaya di zaman Kerajaan Hindu-Buddha, bisa digunakan untuk inspirasi agar Indonesia kembali berjaya di era modern saat ini. Sejarah juga bisa menjadi sumber inspirasi karya seni, mulai dari film, buku, novel dan musik.

Manfaat Instruktif

Fungsi sejarah lain yaitu untuk instruktif. Manfaat instruktif sejarah muncul dalam proses penyampaian suatu ilmu pengetahuan. Sebagai bagian dari ilmu pengetahuan, pada dasarnya sejarah memberikan pengetahuan yang masih bersifat teoritis, berupa pemahaman terhadap generalisasi-generalisasi atau konsep-konsep yang dipelajari dari peristiwa sejarah.

Sebagai Sarana Rekreasi

Manfaat mempelajari sejarah yang lain adalah sebagai sarana rekreatif. Mempelajari sejarah juga dapat memberikan kesenangan dalam diri. Dengan membaca kisah-kisah sejarah kita seolah bertualang melewati batas ruang dan waktu di masa lampau. Sarana rekreatif lain bisa diperoleh saat mempelajari sejarah dengan mengunjungi situs sejarah, candi-candi dan museum-museum.

Sejarah Sebagai Keprofesian

Sejarah adalah bidang ilmu dimana banyak pelaku yang terlibat di dalamnya. Kini sejarah pun bisa dijadikan sebagai profesi atau pekerjaan. Orang yang mempelajari tentang sejarah disebut dengan sejarawan. Sementara profesi lain seperti arkeolog, guru sejarah, penulis sejarah dan peneliti juga dikategorikan pada keprofesian yang berhubungan dengan sejarah.

Memperluas Wawasan dan Pikiran

Sejarah sangat luas dan beragam. Tidak hanya melulu soal sejarah kemerdekaan Indonesia saja, namun banyak sejarah lain yang menarik untuk dipelajari seperti sejarah Perang Dunia, Revolusi Industri, sejarah peradaban Islam, sejarah penemuan benua Amerika dan lain-lain. Dengan mempelajari sejarah, tentu akan menambah wawasan pengetahuan kita dan memperluas pikiran.

Demikianlah referensi manfaat sejarah lengkap meliputi manfaat edukatif, inspiratif, rekreatif, instruktif, keprofesian dan lain-lain. Penjelasan manfaat belajar sejarah tersebut dikutip dari berbagai sumber menurut para ahli. Tentu belajar sejarah akan mendapat banyak manfaat bagi kita.

Tinggalkan komentar