15+ Manfaat Hutan Bagi Manusia dan Makhluk Hidup Beserta Fungsinya

15+ Manfaat Hutan Bagi Manusia dan Makhluk Hidup Beserta Fungsinya

Manfaat hutan – Hutan merupakan arean tanah yang ditumbuhi pepohonan yang lebat. Hutan juga menyimpan banyak spesies hewan dan tumbuhan. Ada banyak fungsi-fungsi hewan antara lain sebagai habitat hidup hewan, melestarikan tanah, mengatur iklim, menjaga keseimbangan ekosistem dan sebagai paru-paru dunia.

Arti hutan menurut KBBI adalah tanah luas yang ditumbuhi pohon-pohon. Sementara pengertian hutan secara umum adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya dan berfungsi juga sebagai habitat hewan, penampung karbondioksida, pelestari tanah dan salah satu aspek penting biosfer bumi.

Menurut undang-undang, definisi hutan dijabarkan lebih luas yakni suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan.

Peran hutan sangat penting untuk keseimbangan alam sebagai salah satu contoh ekosistem. Bahkan hutan dijuluki sebagai paru-paru dunia karena fungsinya yang penting bagi keberlangsungan bumi. Tanpa adanya hutan bisa dibayangkan bahwa keseimbangan alam di bumi menjadi rusak dan terganggu.

(baca juga manfaat energi matahari)

manfaat hutan bagi kehidupan manusia

Fungsi dan Manfaat Hutan

Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat dan fungsi hutan bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup beserta penjelasannya lengkap.

Sebagai Paru-Paru Dunia

Fungsi hutan yang utama adalah sebagi paru-paru dunia. Maksudnya hutan menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida. Pepohonan pada hutan menjadi sumber penghasil oksigen alami yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Hal ini yang membuat hutan dijuluki sebagai paru-paru dunia.

Menjaga Keseimbangan Ekosistem

Hutan juga memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Dalam hutan terdapat ratusan spesies hewan dan tumbuhan yang berbeda-beda. Hal ini membuat ekosistem alam menjadi tetap seimbang dimana banyak berlangsung proses-proses alam seperti rantai makanan. Hutan juga terdiri dari komponen biotik dan abiotik.

Menjadi Habitat Makhluk Hidup

Hutan menjadi habitat atau tempat tinggal bagi makhluk hidup, baik hewan dan tumbuhan atau bahkan manusia di suku pedalaman. Ada banyak spesies hewan dan tumbuhan yang hidup di tumbuhan. Bayangkan jika tidak ada hutan, maka akan ada banyak spesies makhluk hidup yang mati karena tidak memiliki tempat tinggal alami.

Mengatur Iklim dan Mendatangkan Hujan

Hutan juga dapat mengatur iklim dan mendatangkan hujan. Hal ini karena hutan dapat mempengaruhi pola cuara regional dan menciptakan iklim mikronya sendiri. Contohnya bisa dilihat di hutan amazon di Amerika Selatan yang mempengaruhi kondisi atmosfer dan menghadirkan curah hujan reguler di sekitarnya.

Menjaga Kesuburan Tanah

Hutan dapat menyuburkan tanah. Hal ini karena terdapat banyak tumbuhan yang jika daunnya berguguran, maka akan menjadi membusuk dan terurai sehingga berubah menjadi tanah humus. Humus dapat meningkatkan kesuburan tanah. Hal ini yang membuat hutan bermanfaat untuk menjaga dan mempertahankan kesuburan tanah.

Mencegah Bencana Banjir dan Longsor

Manfaat hutan juga berfungsi untuk mencegah bencana, yakni bencana banjir, erosi dan tanah longsor. Hutan di dataran tinggi berfungsi sebagai daerah resapan air dan mencegah mengalirnya air. Aliran air akan terhambat sehingga dapat mencegah terjadinya banjir dan longsor.

Sebagai Sumber Makanan

Hutan juga berfungsi bagi manusia sebagai sumber makanan. Dalam hutan kita bisa menemukan banyak buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain itu juga ada hewan-hewan yang bisa dikonsumsi seperti ayam, rusa, kalkun dan sebagainya. Tak heran jika hutan menyimpan banyak sumber makanan bagi manusia.

Sebagai Bahan Medis dan Obat-Obatan

Selain bahan makanan, hutan juga menyimpan banyak bahan medis dan obat-obatan. Ada banyak bahan-bahan herbal yang berguna untuk pengobatan, begitu pula dengan aneka tumbuhan untuk pengobatan secara alamiah. Hutan menyimpan banyak bahan untuk keperluan medis.

Membersihkan Polutan

Manfaat hutan juga penting untuk membersihkan polutan yang ada di sekitarnya. Hutan akan mengurangi polusi karbondioksida yang ada di sekitarnya. Hutan menggunakan phytoremediation untuk membersihkan polutan-polutan tertentu. Pepohonan bisa mengurai racunnya sehingga menjadi tidak terlalu berbahaya.

Menampung Air

Fungsi hutan juga berguna untuk menampung air dan mengisi aquifer. Hutan dapat menyerap air hujan, meski tentu tidak semuanya dapat diserap. Air yang mengalir melewati akarnya akan turun ke dalam akuifer, mengisi kembali air tanah yang penting untuk minum, sanitasi, irigasi, dan kebutuhan manusia lainnya.

Mengatur Temperatur Bumi

Fungsi hutan berikutnya adalah dapat mengatur temperatur bumi. Adanya pepohonan menciptakan area teduh yang sejuk. Hal ini akan menurunkan temperatur daerah sekitarnya sehingga menjadi lebih asli dan lebih sejuk. Hutan dapat mendingikan daerah yang panas karena banyaknya pepohonan.

Sebagai Sumber Cadangan Air

Hutan juga berfungsi sebagai sumber cadangan air yang alami. Adanya berbagai jenis pepohonan merupakan salah satu sumber cadangan yang melakukan peresapan air yang sangat besar. Tidak heran bahwa jika cadangan air sangat besar yang  terdapat di dalam hutan.

Sebagai Sarana Olahraga

Manfaat hutan juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana olahraga. Ada banyak jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan dengan hutan, di antaranya adalah hiking atau bersepeda. Selama dikelola dengan baik, hutan menjadi medan yang menantang untuk olahraga.

Sebagai Sarana Pariwisata

Hutan berfungsi sebagai sarana pariwisata juga. Tidak sedikit yang memanfaatkan hutan sebagai tempat wisata edukasi. Hutan dapat dijadikan tempat wisata yang menyenangkan jika dikelola dengan baik. Keindahan panorama dan keanekaragaman flora dan fauna menjadi daya tarik pariwisata hutan.

Nah itulah penjelasan manfaat-manfaat hutan bagi manusia, hewan, tumbuhan dan makhluk hidup secara keseluruhan. Hutan memiliki banyak fungsi penting bagi kehidupan, baik dari segi klimatologi, ekologi, hidrologi, ekonomi dan sebagainya.

Tinggalkan komentar