Macam-Macam Gaya Beserta Contoh, Jenis, dan Penjelasannya

Macam-Macam Gaya Beserta Contoh, Jenis, dan Penjelasannya

Macam-macam gaya dan contohnya – Dalam fisika, gaya adalah sebuah dorongan atau tarikan yang menggerakkan benda, serta memiliki arah dan besar tertentu. Ada beberapa jenis-jenis gaya yang ada, misalnya seperti gaya magnet, gaya gesek, gaya pegas, dan lain-lain.

Jika dijelaskan secara umum, maka pengertian gaya adalah interaksi apapun yang dapat menyebabkan sebuah benda bermassa mengalami perubahan gerak, baik dalam bentuk arah, maupun konstruksi geometris. Sementara definisi gaya secara singkat adalah dorongan atau tarikan yang akan menggerakkan benda bebas (tak terikat).

Gaya disimbolkan dengan huruf F, dan besarannya dapat dihitung karena termasuk sebagai besaran vektor. Adapun satuan untuk menghitung gaya adalah Newton atau N. Rumus menghitung gaya (F) adalah dengan perkalian massa benda (m) dengan percepatan (a).

Sifat-sifat gaya antara lain dapat mengubah bentuk benda, dapat mengubah arah benda, dapat membuat benda diam menjadi bergerak, dapat mengubah benda bergerak menjadi diam, serta dapat mengubah kecepatan gerak benda.

Secara umum jenis-jenis gaya dibedakan menjadi dua, yakni gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Gaya sentuh merupakan jenis gaya yang terjadi sentuhan antara sumber gaya dan objeknya, contohnya gaya otot dan gaya gesek. Sementara gaya tak sentuh tidak terjadi sentuhan antara sumber gaya dan objeknya, contohnya gaya gravitasi dan gaya magnet.

(baca juga sifat benda padat, cair, gas)

macam-macam gaya

Macam-Macam Gaya

Ada beberapa macam-macam gaya, dilihat dari sentuhan atau asal gayanya. Berikut merupakan referensi macam-macam gaya beserta contoh dan penjelasannya secara lengkap.

1. Gaya Otot

Gaya otot merupakan salah satu jenis gaya sentuh yang menggunakan tenaga otot atau dihasilkan oleh gaya tarikan dan dorongan. Gaya otot bisa dihasilkan lewat kinerja otot-otot manusia.

Contoh gaya otot misalnya saat kita sedang mendorong lemari, sehingga posisi lemari bisa berpindah dari 1 titik ke titik lain.

2. Gaya Pegas

Gaya pegas merupakan salah satu jenis gaya sentuh yang dihasilkan oleh pegas atau benda elastis lainnya. Sumber gaya berasal dari benda elastis yang kita lepaskan.

Contoh gaya pegas misalnya saat kita melesatkan busur dari anak panah yang bersifat elastis.

3. Gaya Gesek

Gaya gesek merupakan salah satu jenis gaya sentuh yang terjadi dua benda bergesekan antara dua permukaan datar. Sifat gaya gesek dapat memperlambat laju sebuah benda.

Contoh gaya gesek misalnya yaitu saat kita mengerem mobil atau kendaraan lain, maka lajunya akan melambat dan berhenti.

4. Gaya Gravitasi

Gaya gravitasi merupakan salah satu jenis gaya tak sentuh yang terjadinya karena adanya gravitasi bumi. Karena adanya gaya ini, maka semua benda akan jatuh ke permukaan bumi.

Contoh gaya gravitasi bumi misalnya saat buah dari pohon akan selalu jatuh ke permukaan tanah di bawahnya.

5. Gaya Magnet

Gaya magnet merupakan salah satu jenis gaya tak sentuh yang berasal dari benda magnetis. Gaya ini ditimbulkan oleh dorongan dan tarikan dari magnet pada benda logam seperti besi atau baja.

Contoh gaya magnet misalnya ketika besi didekatkan pada magnet, maka besi akan tertarik pada magnet tersebut.

6. Gaya Listrik

Gaya listrik merupakan salah satu jenis gaya tak sentuh yang dihasilkan oleh muatan-muatan listrik. Jenis gaya ini terjadi karena suatu benda dialiri oleh aliran listrik.

Contoh gaya listrik misalnya ketika kita menyalakan kipas angin atau menyalakan lampu dengan aliran listrik.

Nah itulah referensi macam-macam gaya beserta contoh dan penjelasannya lengkap. Ada beberapa jenis-jenis gaya, baik gaya sentuh (otot, pegas, gesek) maupun gaya tak sentuh (gravitasi, magnet, listrik).

3 pemikiran pada “Macam-Macam Gaya Beserta Contoh, Jenis, dan Penjelasannya”

Tinggalkan komentar