Macam-Macam Gaya Renang Beserta Teknik, Gambar dan Penjelasannya

Macam-Macam Gaya Renang Beserta Teknik, Gambar dan Penjelasannya

Macam-macam gaya renang – Renang merupakan salah satu olahraga air yang menyehatkan tubuh. Berenang memang mengasyikkan dan mendatangkan banyak manfaat. Dalam renang juga ada beberapa teknik-teknik tertentu. Ada juga beberapa jenis gaya renang yang dilombakan.

Memang ada banyak manfaat renang bagi kesehatan tubuh, misalnya melatih otot, menyehatkan jantung, menambah tinggi badan, dan mengurangi resiko berbagai penyakit. Meski begitu tidak semua orang bisa berenang. Tiap orang harus memiliki keahlian agar bisa berenang dan tidak tenggelam di dalam air.

Renang juga diperlombakan dalam berbagai ajang internasional, mulai dari SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade. Federasi Renang Internasional, FINA, yang mengurus olahraga renang secara internasional, termasuk nomor apa saja yang dipertandingkan.

Secara umum ada 4 gaya renang yang dilombakan di ajang sekelas Olimpiade. Gaya renang merupakan cara melakukan gerakan lengan dan tungkai berikut koordinasi dari kedua gerakan tersebut yang memungkinkan orang berenang maju di dalam air.

Adapun 4 gaya renang yang dipertandingan dan diakui adalah gaya bebas, gaya dada, gaya kupu-kupu, dan gaya punggung. Tiap gaya menggunakan teknik renang yang berbeda-beda, dengan tantangan yang berbeda pula. Kadang lomba renang juga dipadukan dengan konsep estafet.

(baca juga manfaat kebugaran jasmani)

Macam-Macam Gaya Renang

Berikut ini akan dijelaskan mengenai apa saja macam-macam gaya renang beserta nama lain, teknik, gambar, dan penjelasannya.

1. Gaya Bebas

Gaya renang yang pertama adalah gaya bebas. Gaya bebas merupakan teknik berenang yang menggunakan kebebasan tangan dan kaki untuk melakukan gerakan agar badan kita dapat meluncur dengan cepat. Nama lain gaya bebas adalah gaya free swim. Gaya bebas ini adalah jenis gaya renang yang paling umum dan paling banyak dilombakan.

Federasi Renang Internasional tidak mengatur teknik yang digunakan dalam lomba renang gaya bebas. Perenang bebas berenang dengan gaya apa saja, umumnya menggunakan teknik gaya krol atau front crawl yang umum ditemui dalam lomba renang gaya bebas.

Teknik gaya bebas yakni dengan berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah.

Sewaktu berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air. Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan keluar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Sewaktu mengambil napas, perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan.

2. Gaya Dada

Selanjutnya ada renang gaya dada. Gaya dada merupakan teknik renang yang mirip dengan katak saat berenang, sehingga gaya ini juga disebut dengan gaya katak. Nama lain gaya dada adalah gaya breastsroke swim. Gaya dada dan gaya bebas menjadi dua gaya renang yang paling cocok dipelajari bagi pemula.

Dibaandingkan dengan gaya lain, gaya dada merupakan teknik renang dengan kecepatan paling rendah. Hal ini dikarenakan fokus gaya adalah untuk menggerakkan tubuh secara teratur. Gaya dada juga cocok digunakan saat sedang santai dan rekreasi.

macam-macam gaya renang gaya dada

Teknik renang gaya dada dilakukan dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, namun berbeda dari gaya bebas, batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan.

Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga sering disebut juga dengan gaya katak. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air, setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki.

3. Gaya Kupu-Kupu

Macam-macam gaya renang berikutnya adalah gaya kupu-kupu. Gaya kupu-kupu merupakan teknik renang yang didapat dari pengembangan gaya dada, pada teknik dasar renang gaya kupu kupu yang harus dimiliki adalah kekuatan lengan. Nama lain gaya kupu-kupu adalah gaya butterfly stroke.

Gaya kupu-kupu juga dikenal dengan sebutan gaya lumba-lumba karena gerakannya yang menyerupai lumba-lumba.Gaya kupu-kupu memerlukan kekuatan yang besar dari perenang. Kecepatan renang gaya kupu-kupu didapat dari ayunan kedua belah tangan secara bersamaan, dikombinasi dengan dorongan kaki bersamaan.

Teknik gaya renang kupu-kupu dengan posisi dada menghadap ke bawah, kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah, lalu ke belakang, dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan di atas permukaan air. Pada saat tarikan tangan ke belakang, kedua belah kaki secara bersamaan menekan ke bawah.

Gerakan kaki dan tangan ini dilakukan untuk mendorong badan bergerak ke depan. Pada saat kepala masuk kembali ke dalam air, tangan mengikuti masuk, dan kaki kembali menekan ke bawah. Gerakan kaki naik-turun menyerupai gerakan sirip ekor lumba-lumba.

4. Gaya Punggung

Jenis gaya renang yang terakhir adalah gaya punggung. Gaya punggung merupakan teknik renang dengan posisi badan terlentang melihat ke atas, sedangkan punggung berada di permukaan air. Nama lain gaya punggung adalah backstroke, dan sering diperlombakan di event-event internasional.

Dalam lomba, perenang gaya punggung sewaktu berlomba melakukan start dari dalam kolam, bukan di atas balok start. Saat sedang berenang gaya ini, posisi wajah berada di atas air sehingga memudahkan perenang dalam proses pengambilan nafas.

macam-macam gaya renang gaya punggung

Teknik renang gaya punggung yaitu dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Gerakan kaki dan tangan serupa dengan gaya bebas, tetapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh.

Mulut dan hidung berada di luar air sehingga mudah mengambil atau membuang napas dengan mulut atau hidung. Sewaktu berenang gaya punggung, posisi wajah berada di atas air sehingga perenang hanya melihat atas dan tidak bisa melihat ke depan.

Nah itulah referensi macam-macam gaya renang beserta teknik, gambar, dan penjelasannya. Secara umum terdapat 4 jenis gaya renang yang diperlombakan secara internasional, yakni gaya bebas, gaya dada, gaya kupu-kupu, dan gaya punggung.

Tinggalkan komentar