Macam-Macam Demokrasi di Dunia Beserta Penjelasannya [Lengkap]

Macam-Macam Demokrasi di Dunia Beserta Penjelasannya [Lengkap]

Macam-macam demokrasi – Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Sistem pemerintahan demokrasi banyak dianut oleh negara-negara dunia, termasuk juga di Indonesia. Meski begitu ada beberapa jenis-jenis demokrasi yang ada, dibedakan berdasarkan ideologi, penyaluran kehendak rakyat dan hubungan antar kelengkapan negara.

Secara umum pengertian demokrasi adalah sistem pemerintahan yang seluruh rakyatnya turut serta memerintah dengan perantaraan wakilnya atau dikenal juga pemerintahan rakyat. Singkatnya, arti demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Ada banyak negara yang menganut sistem demokrasi, contohnya yang paling besar adalah India, Amerika Serikat, Filipina, Jepang, Meksiko dan juga Indonesia. Salah satu ciri-ciri pemerintahan demokrasi adalah pemilihan umum langsung untuk memilih presiden yang dilakukan oleh rakyat.

Meski definisi demokrasi cenderung sama, namun ada banyak bentuk-bentuk demokrasi yang ada di dunia. Macam-macam demokrasi yang ada bisa dibedakan berdasarkan bentuk ideologinya, penyaluran kehendak rakyat baik secara langsung maupun tidak langsung serta hubungan antar kelengkapan dalam suatu negara.

(baca juga tujuan otonomi daerah)

macam-macam demokrasi

Macam-Macam Demokrasi

Di bawah ini akan dijelaskan bentuk-bentuk demokrasi yang ada di Indonesia dan di dunia berdasarkan penyaluran kehendak rakyat, titik berat perhatiannya, hubungan antar kelengkapan negara serta berdasarkan ideologi, beserta pengertian dan contohnya.

Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Penyaluran Kehendak Rakyat

Berikut ini adalah jenis-jenis demokrasi berdasarkan penyaluran kehendak rakyat yang dijelaskan beserta pengertian lengkapnya.

  • Demokrasi langsung, yaitu sistem demokrasi yang megikut sertakan seluruh rakyat dalam pengambilan keputusan negara.
  • Demokrasi tidak langsung, yaitu sistem demokrasi yang digunakan untuk menyalurkan keinginan dari rakyat melalui perwakilan dari parlemen.

Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Hubungan Antar Kelengkapan Negara

Berikut ini adalah jenis-jenis demokrasi berdasarkan hubungan antar kelengkapan negara yang dijelaskan beserta pengertian lengkapnya.

  • Demokrasi Perwakilan dengan Sistem Referendum, yaitu sistem demokrasi dimana rakyat memilki perwakilan untuk menjabat diparlemen namun tetap dikontrol oleh rakyat dengan sistem refrendum.
  • Demokrasi Perwakilan dengan Sistem Parlementer, yaitu sistem demokrasi dimana pemerintah (badan eksekutif) memiliki hubungan erat dengan badan perwakilan rakyat (badan legislatif).
  • Demokrasi Perwakilan dengan Sistem Pemisahan Kekuasaan, yaitu sistem demokrasi dimana kedudukan antara eksekutif dan legislatif terpisah, sehingga keduanya tidak berkaitan secara langsung seperti sistem parlementer.
  • Demokrasi Perwakilan dengan Sistem Referendum dan Inisiatif Rakyat, yaitu sistem demokrasi yang menggabungkan sistem demokrasi perwakilan dengan sistem demokrasi secara langsung. Pada sistem demokrasi ini masih terdapat badan perwakilan namun dikendalikan oleh rakyat melelui referendum dimana sifatnya obligator dan fakultatif.

Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Ideologi

Berikut ini adalah jenis-jenis demokrasi berdasarkan ideologinya, meliputi demokrasi liberal, demokrasi rakyat dan demokrasi Pancasila, yang dijelaskan beserta pengertiannya.

  • Demokrasi Liberal, yaitu sistem demokrasi yang menjunjung tinggi hak individu setiap warga negara dan memberikan kebebasan setiap orang dalam menyampaikan pendapatnya.
  • Demokrasi Rakyat, yaitu demokrasi berdasarkan atas hak pemerintah dalam suatu negara yang didasari dari paham sosialisme dan komunisme yang mementingkan kepentingan negara dan kepentingan umum.
  • Demokrasi Pancasila, yaitu demokrasi yang bersumber dari tata nilai sosial dan budaya bangsa Indonesia dengan berdasarkan musyawarah dan mufakat yang mengutamakan kepentingan umum selaku butir-butir Pancasila. Demokrasi pancasila merupakan ideologi negara Indonesia dan berasal dari Indonesia.

Nah demikian referensi macam-macam demokrasi di dunia dan penjelasannya secara lengkap. Ada banyak jenis-jenis demokrasi yang ada di seluruh dunia, termasuk juga sistem demokrasi Pancasila yang digunakan di Indonesia. Semoga bisa jadi referensi bentuk-bentuk demokrasi di dunia.

Tinggalkan komentar