Letak Geologis Indonesia Beserta Pengaruh dan Dampaknya

Letak Geologis Indonesia Beserta Pengaruh dan Dampaknya

Letak geologis Indonesia – Indonesia merupakan salah satu negara di benua Asia, tepatnya di kawasan Asia Tenggara. Ibukotanya ada di kota Jakarta. Negara Indonesia disebut memiliki letak strategis secara geografis, namun juga rawan bencana alam karena pengaruh letak geologis Indonesia yang dilalui rangkaian pegunungan dan lempeng tektonik.

Secara geografis letak Indonesia terletak di antara 2 benua (Asia dan Australia) dan 2 samudera (Hindia dan Pasifik). Sementara letak astronomis Indonesia terletak pada 6° LU – 11° LS serta 95° BT – 141° BT. Lantas bagaimana dengan letak geologis Indonesia?

Pengertian letak geologis adalah letak suatu wilayah berdasarkan susunan bebatuan yang ada di permukaan bumi. Artinya letak geologis menekankan pada apa yang ada di lapisan tanah, bisa dilihat dari rangkaian pegunungan atau lempeng tektonik yang dilalui.

Mengetahui letak geologis Indonesia menjadi penting karena memiliki dampak pada banyak hal, mulai dari sektor ekonomi, sosial, budaya, dan keamanan. Banyak juga bencana alam yang mungkin terjadi karena pengaruh letak geologis Indonesia yang ada saat ini.

Secara geologis letak Indonesia bisa dijelaskan berdasarkan kondisi geologis di lapisan bumi seperti rangkaian pegunungan, posisi bebatuan, lempeng lithosfer, dan daerah dangkalan yang ada di Indonesia.

(baca juga batas wilayah Indonesia)

letak geologis indonesia

Letak Geologis Indonesia

Nah di bawah ini akan dijelaskan posisi dan letak geologis Indonesia beserta penjelasan lengkapnya.

Indonesia Dilalui 2 Rangkaian Pegunungan Besar

Letak geologis Indonesia dilalui oleh 2 rangkaian pegunungan besar di dunia, yakni rangkaian Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik.

Wilayah bagian barat dilalui jalur pegunungan Sirkum Mediterania, sementara wilayah bagian tengah dan timur dilalui jalur pegunungan Sirkum Pasifik.

Faktor ini membuat ada banyak gunung api di Indonesia. Gunung di sirkum Mediterania banyak yang masih aktif, sedangkan gunung di sirkum Pasifik banyak yang sudah tidak aktif lagi.

Indonesia Terletak pada Pertemuan 3 Lempeng Litosfer

Letak geologis Indonesia terletak pada pertemuan 3 lempeng litosfer, yakni lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.

Lempeng Indo-Australia bertabrakan dengan lempeng Eurasia di lepas pantai Jawa dan Sumatera, sementara lempeng Eurasia bertabrakan dengan lempeng Pasifik di daerah Maluku dan Papua.

Faktor ini yang membuat Indonesia termasuk negara rawan bencana gempa bumi, terutama pada titik-titik pertemuan lempeng-lempeng tersebut.

Indonesia Terletak pada 3 Daerah Dangkalan

Letak geologis Indonesia juga terletak pada 3 daerah dangkalan, yakni Dangkalan Sunda, Dangkalan Sahul, dan daerah laut pertengahan Australia Asiatis.

Dangkalan Sunda menghubungan wilayah bagian barat dengan benua Asia, sementara dangkalan Sahul menghubungkan wilayah bagian timur dengan benua Australia.

Sementara daerah laut pertengahan Australia Asiatis menghubungkan antara dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul dan menyebabkan banyaknya keanekaragaman hayati di Indonesia.

Pengaruh Letak Geologis Indonesia

Letak geologis Indonesia memberikan dampak dan pengaruh pada berbagai sektor, terutama sektor bencan dan keamanan. Berikut merupakan beberapa dampak dan akibat letak geologis Indonesia selengkapnya.

  • Indonesia memiliki banyak gunung api aktif di wilayah bagian barat karena dilalui oleh rangkaian sirkum pegunungan Mediterania.
  • Indonesia menjadi negara rawan gempa bumi, tsunami, dan gunung berapi karena terletak di antara pertemuan tiga lempeng lithosfer.
  • Indonesia memiliki kesuburan tanah yang bagus untuk pertanian dan perkebunan karena aktivitas gunung merapi yang menghasilkan tanah vulkanik.
  • Terdapat banyak sumber daya alam berupa tambang dan mineral karena adanya cekungan sedimen akibat aktifitas tektonik.
  • Laut di Indonesia bagian barat memiliki kedalaman laut dalam, sedangkan wilayah Indonesia tengah dan timur memiliki kedalaman laut yang dangkal.
  • Indonesia memiliki keanekaragaman hayati (flora dan fauna) yang tinggi karena terletak di antara tiga wilayah dangkalan.

Nah itulah referensi letak geologis Indonesia beserta pengaruh dan dampaknya lengkap. Secara geologis Indonesia memang tergolong rawan gempa sehingga hal ini harus diantisipasi oleh semua kalangan.

Tinggalkan komentar