letak astronomis benua eropa

Letak Astronomis Benua Eropa Beserta Pengaruh dan Batas Wilayahnya

Letak astronomis benua Eropa – Eropa merupakan salah satu nama benua yang ada di dunia. Eropa dikenal memiliki banyak negara dengan kondisi ekonomi yang maju dan berkembang pesat. Letak benua Eropa juga cukup strategis, karena berdekatan dengan wilayah perairan dan benua-benua lain di sekitarnya.

Posisi letak geografis benua Eropa menyatu dengan benua Asia yang disebut sebagai Eurasia. Batas benua Eropa dan Asia dipisahkan oleh Pegunungan Ural. Benua Eropa terdiri dari dataran utama benua Eropa, pulau Britania Raya dan sekitarnya, pulau-pulau kecil di Italia dan pulau lain di sekitar dataran Eropa.

Total terdapat sekitar 50 nama negara di benua Eropa saat ini, termasuk negara transkontinental yang berbatasan dengan benua Asia. Beberapa negara Eropa yang cukup dikenal antara lain adalah Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Rusia, Portugal, Yunani, dan Spanyol. Kebanyakan negara Eropa memiliki keadaan ekonomi yang maju.

Letak benua Eropa pun cukup strategis karena berdekatan dengan benua Asia dan Afrika, serta dengan benua Amerika dipisahkan oleh Samudera Atlantik yang jadi jalur perdagangan. Nah kali ini akan dibahas letak benua Eropa secara astronomis beserta dampak dan pengaruhnya.

(baca juga letak astronomis benua Asia)

letak astronomis benua eropa

Letak Astronomis Benua Eropa

Letak astronomis benua Eropa terletak pada di 35°LU–71°LU dan 10°BB–66°BT. Penentuan letak astronomis didasarkan pada letak wilayah pada garis bujur dan garis lintang.

Artinya wilayah benua Eropa terbentang dari titik 35 derajat lintang utara sampai 71 derajat lintang utara, serta dari 9 derajat bujur barat sampai 66 derajat bujur timur.

Keseluruhan wilayah benua Eropa berada di wilayah bumi bagian utara, namun secara horizontal benua Eropa berada di wilayah bumi bagian barat dan bagian timur, sehingga wilayahnya membentang dari bujur barat (BB) sampai bujur timur (BT).

Pengaruh Letak Astronomis Benua Eropa

Terdapat beberapa pengaruh terkait letak benua Eropa secara astronomis yang dilihat dari posisi garis lintang dan garis bujur. Berikut merupakan dampak dan pengaruh letak astronomis benua Eropa beserta penjelasannya.

Iklim

Iklim di benua Eropa sangat bervariasi pada tiap-tiap kawasannya. Berikut merupakan beberapa iklim yang ada di benua Eropa.

  • Iklim laut, meliputi wilayah Eropa bagian barat laut.
  • Iklim sedang, meliputi wilayah Eropa Tengah.
  • Iklim daratan (continental), meliputi wilayah Eropa Timur.
  • Iklim kutub (dingin), meliputi wilayah Eropa Utara.
  • Iklim mediterania, meliputi wilayah Eropa Selatan.

Musim

Salah satu akibat dari letak astronomis benua Eropa adalah jumlah musim yang ada di negara-negara Eropa. Benua Eropa memiliki 4 musim, yakni musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin.

Ekonomi

Perekonomian di benua Eropa jadi maju dan berkembang. Struktur alam yang beragam membuat sektor pertanian dan perdagangan di benua Eropa berkembang pesat. Selain itu Eropa termasuk jalur perdagangan karena berada di antara benua Asia, Amerika, dan Afrika.

Zona Waktu

Zona waktu di benua Eropa dibagi menjadi beberapa zona, yakni WET (zona waktu Eropa barat), CET (zona waktu Eropa tengah), EET (zona waktu Eropa Timur), dan FET (zona waktu Eropa ujung timur).

  • Western European Time (WET), dengan perbedaan UTC+0, diterapkan oleh negara Inggris, Portugal, Islandia, Irlandia.
  • Central European Time (CET), dengan perbedaan UTC+1, diterapkan oleh negara Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, Belgia, Belanda, Austria, Kroasia, Hungaria, Bosnia, Swedia, Polandia, Albania, Serbia, Monako, Montenegro, Republik Ceko, Denmark, Luksemburg, Slovakia, Malta, Norwegia, Andorra, Slovenia, Liechtenstein, San Marino.
  • Eastern European Time (EET), dengan perbedaan UTC+2, diterapkan oleh negara Rusia (kota Kaliningrad), Bulgaria, Finlandia, Yunani, Estonia, Latvia, Rumania, Ukraina, Moldova, Lithuania.
  • Further-eastern European Time (FET), dengan perbedaan UTC+3, diterapkan oleh negara Rusia bagian barat, Belarusia, Turki.

Batas Wilayah Benua Eropa Secara Astronomis

Secara astronomis wilayah benua Eropa juga memiliki batas-batas wilayah di sekitarnya. Berikut merupakan batas-batas wilayah benua Eropa di sebelah utara, timur, selatan, dan barat.

Sebelah Utara

Di sebelah utara, wilayah benua Eropa berbatasan dengan perairan Samudera Arktik. Eropa juga berbatasan dengan daerah Kutub Utara di sebelah utara.

Sebelah Timur

Di sebelah timur, wilayah benua Eropa berbatasan dengan Pegunungan Ural. Eropa juga berbatasan dengan Benua Asia di sebelah timur, diman daratan Eropa menyatu dengan daratan benua Asia.

Sebelah Selatan

Di sebelah selatan, wilayah benua Eropa berbatasan dengan perairan Laut Mediterania dan Laut Hitam. Eropa juga berbatasan dengan benua Afrika di sebelah selatan.

Sebelah Barat

Di sebelah barat, wilayah benua Eropa berbatasan dengan perairan Samudera Atlantik.

Nah itulah referensi letak astronomis benua Eropa beserta pengaruh dan batas-batas wilayahnya. Semoga bisa menambah referensi dan pengetahuan tentang geografi dunia.

Tinggalkan komentar