letak astronomis benua australia

Letak Astronomis Benua Australia Beserta Pengaruh & Batas Wilayahnya

Letak astronomis benua Australia – Benua Australia merupakan salah satu nama benua di dunia yang jadi benua terkecil dari total luas wilayahnya. Benua ini kerap disamakan dengan kawasan Oceania, meski keduanya adalah terminologi yang berbeda. Wilayah benua Australia mencakup dataran utama Australia, pulau Tasman, pulau Papua, dan pulau-pulau kecil lain di sekitarnya.

Berdasarkan posisinya di peta, letak geografis benua Australia diapit oleh dua samudera, yakni Samudera Pasifik di sebelah timur dan Samudera Hindia di sebelah barat dan selatan. Australia juga berdekatan dengan benua Asia di sebelah utara serta kawasan Oceania di sebelah timur.

Hanya terdapat 3 negara di benua Australia, yakni Australia, Papua Nugini, dan sebagian wilayah Indonesia bagian timur. Negara-negara lain di perairan Samudera Pasifik, termasuk Selandia Baru, tidak termasuk dalam benua Australia, melainkan termasuk dalam negara di kawasan Oceania. Kedua terminologi ini memang sering dianggap sama, meski berbeda.

Karena letaknya di bagian selatan bumi, benua Australia sering disebut sebagai benua bawah. Letak benua Australia sendiri cukup strategis karena terhubung dengan benua Asia dan kawasan Oceania sehingga menjadi jalur perdagangan. Nah kali ini akan dibahas letak benua Australia secara astronomis beserta dampak dan pengaruhnya.

(baca juga letak astronomis benua Afrika)

letak astronomis benua australia

Letak Astronomis Benua Australia

Letak astronomis benua Australia terletak pada di 10°LS–43°LS dan 113°BT–153°BT. Penentuan letak astronomis didasarkan pada letak wilayah pada garis bujur dan garis lintang.

Artinya wilayah benua Australia terbentang dari titik 10 derajat lintang selatan sampai 43 derajat lintang selatan, serta dari 113 derajat bujur timur sampai 153 derajat bujur timur.

Keseluruhan wilayah benua Australia berada di wilayah bumi bagian selatan dan bagian timur. Australia jadi satu-satunya benua yang terletak di salah satu sisi bagian bumi secara vertikal dan horizontal, selain benua Antartika yang tidak dihuni secara tetap.

Pengaruh Letak Astronomis Benua Australia

Terdapat beberapa pengaruh terkait letak benua Australia secara astronomis yang dilihat dari posisi garis lintang dan garis bujur. Berikut ini merupakan pembahasan mengenai dampak dan pengaruh letak astronomis benua Australia beserta penjelasannya.

Iklim

Iklim di benua Australia sangat bervariasi pada tiap-tiap kawasannya. Berikut merupakan beberapa iklim yang ada di benua Australia.

  • Iklim tropis, meliputi wilayah Australia bagian utara, Papua Nugini dan Indonesia bagian timur.
  • Iklim sub-tropis, meliputi wilayah Australia bagian tengah.
  • Iklim sedang, meliputi wilayah Australia bagian selatan.

Musim

Musim yang ada di benua Australia cukup bervariasi. Untuk wilayah yang beriklim tropis, hanya terdapat 2 musim saja, yakni musim kemarau dan musim hujan. Sedangkan pada wilayah beriklim sedang, terdapat 4 musim, yakni musim panas, musim gugur, musim dingin, dan musim semi.

Ekonomi

Letak astronomis Australia memiliki dampak pada perekonomian dan matapencaharian warganya. Kebanyakan penduduk Australia bekerja di sektor pertanian, peternakan, dan pertambangan, karena memang wilayahnya yang subur.

Zona Waktu

Terdapat beberapa zona waktu di benua Australia, termasuk pada wilayah paling ujung barat sampai ujung timur benua Australia.

  • Australian Western Standard Time (AWST), dengan perbedaan UTC+8, meliputi wilayah Australia bagian barat.
  • Waktu Indonesia Timur (WIT), dengan perbedaan UTC+9, meliputi wilayah Indonesia bagian Timur.
  • Australian Central Standard Time (ACST), dengan perbedaan UTC+9.30, meliputi wilayah Australia bagian tengah.
  • Australian Eastern Standard Time (AEST), dengan perbedaan UTC+10, meliputi wilayah Australia bagian timur dan Papua Nugini.

Batas Wilayah Benua Australia

Secara astronomis wilayah benua Australia juga memiliki batas-batas wilayah di sekitarnya. Berikut merupakan batas-batas wilayah benua Australia di sebelah utara, timur, selatan, dan barat.

Sebelah Utara

Di sebelah utara, wilayah benua Australia berbatasan dengan benua Asia, tepatnya kawasan Asia Tenggara.

Sebelah Timur

Di sebelah timur, wilayah benua Australia berbatasan dengan perairan Samudera Pasifik.

Sebelah Selatan

Di sebelah selatan, wilayah benua Australia berbatasan dengan perairan Samudera Hindia dan Samudera Antartika.

Sebelah Barat

Di sebelah barat, wilayah benua Australia berbatasan dengan perairan Samudera Hindia.

Nah itulah referensi letak astronomis benua Australia beserta dampak, pengaruh dan batas-batas wilayahnya. Semoga bisa menambah referensi dan pengetahuan tentang geografi dunia.

Tinggalkan komentar