Jenis-Jenis Proposal dan Contohnya Berdasarkan Isi dan Bentuknya

Jenis-Jenis Proposal dan Contohnya Berdasarkan Isi dan Bentuknya

Jenis-jenis proposal – Proposal adalah sebuah rencana dan rancangan kerja secara sistematis dan detail. Tujuan dibuatnya proposal sebagai pedoman dan acuan dari sebuah rencana pelaksanaan kegiatan atau usaha tertentu. Ada beberapa macam bentuk-bentuk proposal secara umum, dilihat dari isi dan tujuannya ataupun dilihat dari format penulisannya.

Arti proposal menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Sementara pengertian proposal secara umum adalah suatu rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kegiatan dalam bentuk tulisan dan dijelaskan secara sistematis dan terperinci.

Tujuan dibuatnya proposal menjadi pedoman dan acuan pelaksanaan suatu kegiatan atau bisnis. Proposal menjadi gambaran umum terhadap sebuah rancangan kerja dan kegiatan sehingga sesuai dengan maksud dan tujuan awal penyelenggara atau pelaksana.

Pada dasarnya, ada beberapa macam-macam proposal. Secara umum jenis-jenis proposal dibedakan berdasarkan tujuan dibuatnya proposal. Struktur proposal biasanya mengandung ide dan gagasan pokok serta detail-detail lain seperti latar belakang, output yang diinginkan hingga biaya yang diperlukan.

(baca juga bagian-bagian surat)

jenis-jenis proposal

Jenis-Jenis Proposal Secara Umum

Jika dilihat dari isi dan tujuannya, jenis-jenis proposal secara umum dibedakan menjadi empat yakni proposal kegiatan, proposal bisnis/usaha, proposal penelitian serta proposal proyek.

1. Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan adalah salah satu jenis proposal yang umum dibuat, baik secara individu maupun kelompok. Tujuan proposal ini diajukan untuk menyelenggarakan sebuah kegiatan. Adanya proposal kegiatan ini akan membantu dalam penyusunan rencana program kegiatan yang akan diadakan.

Contoh proposal kegiatan :

  • Proposal pertunjukan seni budaya
  • Proposal penyelenggaran lomba desa
  • Proposal perayaan ulang tahun sekolah

2. Proposal Bisnis/Usaha

Proposal bisnis atau usaha adalah salah satu jenis proposal yang berkaitan dengan dunia bisnis dan rencana kerja, baik secara individu atau kelompok. Jenis proposal ini dibuat untuk memberi gambaran usaha yang akan dikerjakan pada investor atau pihak yang diajak bekerjasama.

Contoh proposal bisnis/usaha :

  • Proposal pendirian tempat usaha
  • Proposal kerjasama antar perusahaan
  • Proposal peminjaman dana usaha

3. Proposal Penelitian

Proposal penelitian adalah salah satu jenis proposal yang digunakan dalam bidang akademisi. Jenis proposal penelitian diajukan untuk melakukan riset dan penelitian tentang topik seputar ilmu pengetahuan. Proposal penelitian bisa berupa penelitian pengembangan, penelitian kualitatif atau penelitian kuantitatif.

Contoh proposal penelitian :

  • Proposan penelitian untuk skripsi
  • Proposan penelitian untuk tesis
  • Proposan penelitian riset pengembangan

4. Proposal Proyek

Proposal proyek adalah salah satu jenis proposal yang juga berkaitan dengan dunia bisnis. Jenis proposal ini agak mirip dengan proposal bisnis atau usaha. Bedanya, proposal proyek lebih difokuskan pada suatu proyek bisnis, pengajuan pembangunan dan sejenisnya

Contoh proposal proyek :

  • Proposal proyek pembangunan jalan
  • Proposal proyek pendirian bangunan
  • Proposal proyek izin pertambangan

Jenis-Jenis Proposal Berdasarkan Formatnya

Ada 3 macam-macam proposal jika dilihat berdasarkan formatnya, yakni proposal forma, proposal semi formal serta proposal non-formal.

  1. Proposal Formal, jenis proposal resmi dan baku yang menampilkan tiga bagian utama yakni pendahuluan, isi proposal dan data pelengkap.
  2. Proposal Semi Formal, jenis proposal yang tidak selengkap proposal formal, namun masih menggunakan format yang bersifat baku.
  3. Proposal Non-Formal, jenis proposal yang tidak terlalu resmi dan baku, umumnya disampaikan dalam bentuk surat atau memorandum.

Nah itulah referensi jenis-jenis proposal dan contohnya secara umum serta berdasarkan formatnya beserta penjelasannya secara lengkap. Ada beberapa variasi jenis proposal tergantung maksud dan tujuan dibuatnya meliputi proposal kegiatan, proposal bisnis/usaha, proposal penelitian serta proposal proyek.

Tinggalkan komentar