Hakikat Wawasan Nusantara Bagi Indonesia dan Kedudukannya

Hakikat Wawasan Nusantara Bagi Indonesia dan Kedudukannya

Apa hakikat wawasan nusantara? Pengertian wawasan nusantara merupakan cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan guna mencapai tujuan nasional. Hal-hal terkait dengan manfaat, fungsi dan tujuan wawasan nusantara telah diatur dalam UUD 1945 dan Pancasila. Begitu pula dengan hakikat dan kedudukan wawasan nusantara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Beberapa fungsi dan tujuan wawasan nusantara antara lain adalah sebagai konsepsi ketahanan nasional, sebagai pembangunan nasional, sebagai pertahanan dan keamanan serta sebagai wawasan kewilayahan. Peran wawasan nusantara pun cukup penting guna mewujudkan persatuan dan kesatuan negara Indonesia, terutama dengan kondisi masyarakat yang beragam.

Pengertian Wawasan Nusantara

Pengertian wawasan nusantara secara umum dijelaskan pada Tap MPR Tahun 1993 dan 1998. Dijelaskan bahwa definisi wawasan nusantara adalah wawasan nasional yang bersumber pada pancasila dan berdasarkan UUD’45 yaitu cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pengertian wawasan nusantara menurut kelompok kerja wawasan nusantara untuk diusulkan menjadi Tap MPR yang dibuat Lemhanas Tahun 1999. Sementara pengertian wawasan nusantara menurut para ahli berkaitan dengan upaya Indonesia untuk mencapai tujuan nasional dengan mewujudkan persatuan dan kesatuan. Hal tersebut menjadi pentinf dalam keberagaman yang ada dalam masyarakat Indonesia.

(baca juga pengertian kewarganegaraan)

hakikat wawasan nusantara

Hakikat Wawasan Nusantara

Hakikat wawasan nusantara adalah keutuhan nusantara atau nasional. Artinya secara luas, hakikat wawasan nusantara merupakan cara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkup dalam lingkup nusantara demi kepentingan nasional.

Tiap warga negara dan aparatur negara harus berpikir, bersikap dan bertindak secara utuh dan menyeluruh demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia. Hal tersebut juga mencakup produk yang dihasilkan oleh lembaga negara yang harus berada dalam lingkup dan juga demi kepentingan bangsa Indonesia. Tentunya tanpa harus menghilangkan kepentingan daerah, golongan dan individu.

Kedudukan Wawasan Nusantara

Kedudukan wawasan nusantara cukup penting dalam mewujudkan tujuan nasional. Wawasan nusantara sebagai wawasan nasional bangsa Indonesia merupakan ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh rakyat Indonesia agar tidak terjadi penyesatan atau penyimpangan dalam upaya mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional. Kedudukan wawasan nusantara menjadi landasan visional dalam menyelenggarakan kehidupan nasional dalam berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Nah demikianlah referensi mengenai pengertian wawasan nusantara menurut para ahli serta hakikat dan kedudukan wawasan nusantara dalam kepentingan nasional selengkapnya. Tentunya fungsi wawasan nusantara sangat penting untuk mewujudkan persatuan dan keberagaman yang ada di Indonesia.  Apalagi dalam upaya mencapai tujuan negara sesuai Pancasila dan UUD 1945.

Tinggalkan komentar