fungsi tulang paha

Fungsi Tulang Paha Beserta Bagian-Bagian dan Penjelasannya

Tulang paha merupakan tulang yang terletak di bagian paha manusia. Tulang paha merupakan tulang terbesar dan terkuat pada tubuh manusia. Fungsi tulang paha penting untuk menyangga tubuh dan menopang badan saat berjalan dan beraktivitas.

Dalam istilah ilmiah, tulang paha disebut sebagai femur. Femur adalah bahasa latin untuk paha. Letak tulang paha ada di antara tulang pinggul dan lutut dan menjadi penghubung keduanya. Banyak otot-otot dan ligamen yang melekat pada tulang paha.

Tulang paha melekat ke pinggul melalui sendi bola dan soket, memberikan gerakan dan sumber untuk mengartikulasikan panggul. Adapun bagian-bagian tulang paha adalah proximal femur dan distal femur.

Bagian proximal femur posisinya bedekatan dengan tulang pelvis atau tulang pinggul dan terdiri dari kepala, leher, trochanter, mayor dan minor dan juga median femur.

Sementara bagian distal femur merupakan bagian tulang paha yang melekatnya pada tempurung lutut.

Fungsi tulang paha adalah menghubungkan tulang bagian pinggul dan lutut, untuk menyangga badan pada saat berjalan. Selain itu juga ada fungsi-fungsi tulang paha lainnya bagi manusia.

(baca juga fungsi kerongkongan)

fungsi tulang paha

Fungsi Tulang Paha

Berikut ini adalah beberapa fungsi tulang paha bagi manusia dan penjelasan lengkapnya.

1. Untuk Menyangga dan Menopang Badan

Fungsi utama tulang paha adalah untuk menyangga badan dan menopang tubuh. Tanpa adanya tulang paha, maka kita tidak akan bisa berdiri atau berjalan. Tulang paha menyokong atau menahan berat tubuh manusia.

2. Menghubungkan Tulang Pinggul dan Lutut

Tulang paha juga memiliki fungsi sebagai penghubung antara tulang bagian pinggul dengan bagian lutut.

3. Tempat Melekatnya Otot-Otot Besar

Tulang paha menjadi tempat melekatnya otot-otot besar. Terdapat dua jenis otot yang ada di tulang paha, yakni otot origo dan insersio.

Otot origo adalah otot yang memiliki pergerakan stabil atau tetap saat dilakukan kontraksi. Tulang paha merupakan origo untuk beberapa otot seperti otot gastrocnemius, vastus lateralis, vastus medialis, dan otot vastus intermedius.

Sementara otot insersio memiliki pergerakan yang tidak tetap atau berubah posisi apabila kontraksi dilakukan. Otot insersio yang melekat di tulang paha antara lain otot tensor fasciae latae, gluteus medius, gluteus maximus, dan otot illopsoas.

4. Alat Gerak Manusia Bagian Bawah

Tulang paha juga berfungsi untuk membantu kaki bergerak dengan gerakan lurus dan menekuk ke arah pinggul, sehingga penting sebagai alat gerak manusia bagian bawah.

5. Tempat Memproduksi Sel Darah Merah

Tulang paha juga memproduksi sel darah merah, meski bukanlah fungsi utama. Proses pembentukan sel darah merah terjadi pada sumsum tulang paha tepatnya di bagian sumsum merah yang tersimpan di antara rongga-rongga tulang paha.

6. Tempat Melekatnya Tempurung Lutut

Fungsi tulang paha lainnya adalah sebagai tempat melekatnya tempurung lutut yang juga penting untuk menopang badan kita.

7. Sebagai Tulang Terbesar dan Terkuat pada Tubuh

Tulang paha menjadi tulang terbesar dan terkuat pada tubuh yang berfungsi untuk transmisi kekuatan dari tibia ke sendi panggul.

8. Menghasilkan Sendi Condylar

Pada ujung distal tulang paha terdapat condylus yang akan membuat sendi condylar bersama lutut. Terdapat dua condylus yakni condylus medialis dan condylus lateralis.

Nah itulah referensi fungsi tulang paha bagi manusia beserta penjelasannya. Tulang paha memiliki fungsi penting sebagai penopang tubuh manusia sehingga kita bisa berdiri, berjalan dan beraktivitas.

3 pemikiran pada “Fungsi Tulang Paha Beserta Bagian-Bagian dan Penjelasannya”

Tinggalkan komentar