Fungsi Ribosom Beserta Pengertian, Struktur dan Gambarnya

Fungsi Ribosom Beserta Pengertian, Struktur dan Gambarnya

Fungsi ribosom – Ribosom adalah organel berukuran kecil dan padat dalam sel yang berfungsi sebagai tempat sintesis protein. Ribosom merupakan salah satu macam-macam organel yang ada pada makhluk hidup, baik tumbuhan atau hewan.

Ciri khas ribosom adalah ukurannya yang kecil dan padat. Wujud ribosom berupa butiran-butiran. Umumnya ribosom memiliki ukuran diameter sebesar 20 nm. Kandungannya terdiri dari 65% RNA ribosom (rRNA) dan 35% protein ribosom atau disebut ribonukleoprotein (RNP).

Letak ribosom menempel pada membran retikulum endoplasma dan ada juga ribosom yang bebas di bagian sitosol. Ribosom tidak memiliki membran atau selaput karena ukurannya yang kecil dan hanya terdiri dari protein saja.

Organel sel ribosom terdiri dari dua bagian, yaitu subunit besar dan subunit kecil. Masing-masing bagiannya berisikan RNA dan protein. Kedua subunit tersebut dikategorikan sehubungan dengan tingkat sedimentasi dalam media tertentu.

(baca juga fungsi mitokondria)

fungsi ribosom

Fungsi Ribosom

Ada beberapa fungsi ribosom dalam sel, meski sebenarnya hanya 1 fungsi utamanya. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai fungsi ribosom dan pembahasannya lengkap.

1. Tempat Sintesis Protein

Fungsi utama ribosom adalah melakukan proses pembentukan protein. Ribosom menyusun urutan asam amino menjadi peptida sesuai cetakan dalam RNA messenger (mRNA). Ribosom menjadi tempat terjadinya sintesis protein dalam sel.

Rangkaian proses sintesis protein ini dinamakan sebagai dogma sentral. Protein yang dihasilkan dalam proses sintesis ini nantinya akan digunakan oleh sitoplasma. Pembentukan atau sintesis protein menjadi fungsi utama organel sel ini.

2. Fungsi Translasi

Dalam proses pembentukan protein, ribosom melakukan langkah translasi. Langkah ini dilakukan berupa proses mengambil instruksi dari Messenger RNA dan menggantinya menjadi protein.

Proses atau langkah-langkah ribosom untuk membuat protein dimulai saat ribosom menempel asam amino membangun protein, lalu kedua subunit bergabung dengan RNA messenger, hingga akhirnya proses membangun protein terjadi.

3. Berperan dalam Kegiatan Metabolisme Sel

Fungsi ribosom yang lainnya juga berperan penting bagi setiap kegiatan dan aktivitas metabolisme yang dilakukan oleh sel itu sendiri. Ribosom merupakan bagian yang berperan penting dalam pembentukan suatu sel yang sempurna.

Nah demikian referensi fungsi ribosom pada sel tumbuhan dan hewan selengkapnya. Semoga bisa menjadi referensi pengetahuan dan juga menambah wawasan.

Tinggalkan komentar