Fungsi Mitokondria pada Sel Tumbuhan & Sel Hewan Beserta Strukturnya

Fungsi Mitokondria pada Sel Tumbuhan & Sel Hewan Beserta Strukturnya

Fungsi mitokondria – Pengertian mitokondria adalah organel tempat berlangsungnya fungsi respirasi sel pada makhluk hidup. Selain itu terdapat fungsi seluler lain seperti metabolisme asam lemak, biosintesispirimidina, homeostasis kalsium, transduksi sinyal seluler dan juga sebagai penghasil energi.

Memang fungsi utama mitokondria adalah untuk respirasi sel. Selain itu terdapat fungsi mitokondria yang lainnya, baik bagi hewan, tumbuhan dan makhluk hidup lainnya. Mitokondria memiliki sistem genetik sendiri dibandingkan sistem genetik inti.

Struktur mitokondria memiliki dua lapisan membran, yang terdiri dari lapisan membran luar dan lapisan membran dalam. Bagian-bagian pada mitokondria penting untuk melakukan cara kerja mitokondria itu sendiri. Sel-sel yang memiliki banyak mitokondria antara lain ada pada jantung, hati dan otot.

Bagian ribosom dan rRNA mitokondria lebih mirip dengan yang dimiliki bakteri dibandingkan dengan yang disandi oleh inti sel eukariota. Adapun tahap respirasi pada hewan dan tumbuhan juga melewati jalur yang sama yang dikenal sebagai siklus Krebs.

(baca juga fungsi kloroplas pada sel tumbuhan)

fungsi mitokondria

Fungsi Mitokondria

Apa saja fungsi mitokondria pada sel tumbuhan, sel hewan dan makhluk hidup lain? Berikut adalah fungsi dan peran mitokondria beserta penjelasannya.

Tempat Berlangsungnya Respirasi Sel

Fungsi utama mitokondria adalah respirasi sel. Respirasi sel adalah proses kimiawi untuk melepaskan energi yang tersimpan dalam glukosa. Energi yang digunakan untuk pemecahan glukosa disediakan oleh molekul-molekul ATP. Proses ini terdiri dari glikolisis, siklus krebs dan transpor elektron.

Menghasilkan Energi dalam Bentuk ATP

Fungsi mitokondria adalah untuk menghasilkan energi. Makanan yang dikonsumsi akan dipecah dalam bentuk molekul seperti karbohidrat atau lemak untuk kemudian dikirim ke mitokondria, Nantinya akan dihasilkan molekul ATP melalui proses fosforilasi oksidatif.

Menjaga Konsentrasi Ion Kalsium

Mitokondria juga penting untuk menjaga konsentrasi ion kalsium yang tepat dan cukup dalam berbagai kompartemen sel. Mitokondria membantu sel-sel dengan melayani sebagai sebuah tangki penyimpanan yang dapat menyimpan ion kalsium.

Membangun Bagian-Bagian dari Darah dan Hormon

Mitokondria juga memiliki peran dan fungsi lainnya, yakni dalam membangun bagian-bagian tertentu dari darah serta hormon. Contoh bagian-bagian yang dibangun mitokondria dari darah atau hormon misalnya yaitu testosteron dan estrogen.

Mendetoksifikasi Amonia

Fungsi mitokondria juga penting untuk melakukan detoksifikasi amonia. Hal ini dilakukan karena adanya enzim yang terdapat pada mitokondria yang ada pada sel-sel hati. Enzim itulah yang kemudian melakukan tugasnya untuk detoksifikasi amonia.

Menjalankan Proses Apoptosis

Mitokondria juga berperan dalam proses kematian sel terprogram. Maksudnya sel-sel yang tidak diinginkan yang jumlahnya terlalu banyak akan dipangkas selama perkembangan organisme, dimana proses ini dinamakan sebagai proses apoptosis.

Mengawasi Pertumbuhan Sel

Fungsi mitokondria penting dalam pertumbuhan sel. Dalam kaitannya dengan sel, mitokondria berfungsi untuk mengawasi pertumbuhan dan perkembangan sel. Selain itu, mitokondria juga berperan dalam mengawasi diferensiasi sel.

Struktur Mitokondria

Berikut ini adalah struktur-struktur mitokondria dan penjelasannya, terdiri dari membran luar, membran dalam, krista, ruang antar membran dan matriks.

Membran Luar

Membran luar tersusun atas fosfolipid bilayer yang mengandung protein porin. Lapisan ini dapat dilewati oleh ion-ion, ATP, ADP dan molekul-molekul nutrisi.

Membran Dalam

Membran dalam merupakan membran kompleks tapi permeable yang terbentuk dari molekul-molekul kompleks transpor elektron, kompleks ATP sintase dan transport protein.

Krista

Krista merupakan lipatan yang terdapat di membran dalam mitokondria. Fungsi krista membantu perluasan struktur membran dalam sel ketika dibutuhkan ruang untuk lebih banyak molekul-molekul DNA mitokondria.

Ruang Antar Membran

Ruang antar membran merupakan ruang yang terdapat di antara membran luar dan membran dalam. Fungsi ruang antar membran bertanggung jawab atas fosforilasi oksidatif.

Matriks

Matriks berisi molekul-molekul DNA yang berfungsi dalam respirasi sel serta enzim-enzim yang berfungsi dalam siklus reaksi asam sitrat. Selain itu terdapat air dan gas-gas terlarut seperti oksigen dan karbon dioksida.

Nah demikian pembahasan fungsi mitokondria pada makhluk hidup beserta penjelasannya lengkap. Mitokondria memiliki peran dan fungsi penting baik bagi hewan, tumbuhan dan makhluk hidup lainnya. Semoga bisa menjadi referensi dan menambah wawasan.

Tinggalkan komentar