Fungsi Enzim (Ptialin, Tripsin, Amilase, Lipase, Renin, Pepsin, dll)

Fungsi Enzim (Ptialin, Tripsin, Amilase, Lipase, Renin, Pepsin, dll)

Fungsi enzim – Pengertian enzim secara umum merupakan biokatalisator yang dapat membantu mempercepat reaksi biologis, namun tidak ikut bereaksi. Fungsi enzim sangat penting dalam metabolisme tubuh makhluk hidup, termasuk juga pada manusia.

Enzim banyak terdapat di beberapa bagian tubuh manusia, misalnya seperti di bagian mulut, lambung, usus halus dan pankreas. Struktur enzim terbagi menjadi dua yakni apoenzim dan kofaktor. Kofaktor juga terbagi menjadi dua yakni molekul organik dan molekul anorganik.

Peranan enzim penting dalam suatu reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh. Fungsi enzim secara umum adalah untuk mempercepat suatu reaksi kimia pada tubuh oprganisme. Tanpa enzim, maka proses metabolisme baik anabolisme maupun katabolisme akan terganggu.

Ada beberapa sifat enzim di antaranya adalah bersifat reversible atau bolak-balik, bekerja secara spesifik, sifatnya menyerupai protein, bersifat termolabil yang tergantung pada suhu serta bertindak sebagai katalisator. Enzim juga tidak ikut bereaksi dengan substrat sehingga penting dalam sebuah percepatan reaksi kimia pada tubuh organisme.

fungsi enzim

Fungsi Enzim

Selain fungsi enzim secara umum sebagai katalisator untuk mempercepat reaksi kimia, ada juga fungsi-fungsi enzim lain. Manfaat enzim lainnya tergantung pada macam-macam enzim yang ada sesuai fungsinya masing-masing, seperti dijelaskan berikut ini.

1. Enzim Karbohidrase

Enzim karbohidrase adalah enzim yang berfungsi untuk memecah rantai glukosa berupa sakarida yang terdapat dalam proses pencernaan karbohidrat. Ada beberapa jenis enzim karbohidrase di antaranya yaitu enzim pektinase, enzim maltosa, enzim amilase, enzim sukrosa, enzim laktosa dan enzim selulosa.

Enzim Pektinase

Fungsi enzim pektinase adalah untuk mengurai petin menjadi senyawa asam pektin. Enzim ini termasuk salah satu jenis jenis enzim karbohidrase.

Enzim Maltosa

Fungsi enzim maltosa adalah untuk mengurai maltosa menjadi senyawa glukosa. Enzim maltosa atau maltase ini terdapat di bagian usus halus.

Enzim Amilase

Fungsi enzim amilase adalah mengurai amilum atau polisakarida menjadi senyawa maltosa, yakni senyawa disakarida. Enzim ini erdapat didalam saliva (air ludah) serta dihasilkan oleh kelenjar parotis (kelenjar ludah) dan pankreas.

Enzim Ptialin

Fungsi enzim ptialin adalah untuk mengubah amilum menjadi maltosa serta menyalurkan karbohidrat untuk menjadi sumber energi. Enzim ptialin ini sendiri terdapat di bagian mulut.

Enzim Sukrosa

Fungsi enzim sukrosa adalah untuk mengurai sukrosa menjadi senyawa glukosa dan juga fruktosa. Enzim sukrosa atau sukrase ini terdapat di bagian usus halus.

Enzim Laktosa

Fungsi enzim laktosa untuk mengurai senyawa laktosa menjadi senyawa glukosa dan juga galaktosa. Enzim laktosa atau laktase ini terdapat di bagian usus halus.

Enzim Selulose

Fungsi enzim selulose adalah untuk menguraikan selulosa atau polisakarida agar dapat menjadi senyawa selabiosa atau disakarida.

2. Enzim Protease

Enzim protease adalah enzim yang dapat berfungsi dalam proses kimiawi dalam pencernaan protein. Ada beberapa jenis enzim protease di antaranya yaitu enzim peptidase, enzim pepsin, enzim renin, enzim tripsin, enzim galaktase dan enzim entrokinase.

Enzim Peptidase

Fungsi enzim peptidase adalah untuk mengurai senyawa peptide menjadi senyawa asam amino. Enzim peptidase ini terdapat di bagian usus halus.

Enzim Pepsin

Fungsi enzim pepsin adalah untuk mengubah protein menjadi pepton, proteosa dan polipeptida. Enzim ini terdapat di dalam lambung, dimana kerja enzim pepsin dibantu oleh HCl (asam) lambung.

Enzim Renin

Fungsi enzim renin adalah untuk mengurai senyawa kasein dan susu. Enzim ini terdapat di dalam lambung, dimana kerja enzim renin juga dibantu oleh HCl (asam) lambung.

Enzim Tripsin

Fungsi enzim tripsin adalah untuk mengurai pepton menjadi senyawa asam amino. Enzim tripsin ini terdapat di bagian pankreas.

Enzim Galaktase

Fungsi enzim galaktase adalah untuk mengurai senyawa gelatin. Berdasarkan fungsinya, enzim galaktase termasuk jenis enzim protease.

Enzim Entrokinase

Fungsi enzim entrokinase adalah untuk mengurai senyawa pepton menjadi sentawa asam amino. Enzim entrokinase ini terdapat di bagian usus halus.

3. Enzim Esterase

Enzim esterase adalah jenis enzim yang dapat berfungsi dalam proses penguraian senyawa ester. Ada dua jenis enzim esterase yakni enzim lipase dan enzim fostatase.

Enzim Lipase

Fungsi enzim lipase adalah mengubah trigliserida menjadi asam lemak dan senyawa gliserol. Enzim lipase ini terletak di bagian lambung.

Enzim Fostatase

Fungsi enzim fostatase adalah untuk mengurai suatu ester. Fungsi lainnya yaitu untuk mendorong terjadinya pelepasan asam fosfor.

Nah demikian referensi fungsi-fungsi enzim beserta penjelasannya. Tiap jenis enzim memiliki fungsi masing-masing untuk metabolisme tubuh manusia. Sekian penjelasan macam-macam enzim dan fungsinya kali ini.

Tinggalkan komentar