13+ Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui dan Manfaatnya

13+ Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui dan Manfaatnya

Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui – Sumber daya alam (SDA) adalah potensi alam yang bisa dimanfaatkan oleh kebutuhan manusia. Ada 2 jenis sumber daya alam, yakni yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui. Kali ini akan dibahas apa saja contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui beserta manfaat dan gambarnya.

Menurut KBBI, pengertian sumber daya alam adalah potensi alam yang dapat dikembangkan untuk proses produksi. Sedangkan definisi sumber daya alam menurut undang-undang adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri atas sumber daya manusia, sumber daya hayati, sumber daya non hayati dan sumber daya buatan.

Terdapat 2 macam-macam sumber daya alam, yakni sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui. SDA yang dapat diperbaharui bisa digunakan terus menerus dan tidak akan pernah habis, sedangkan SDA yang tidak dapat diperbaharui jumlahnya terbatas dan bisa saja habis jika dipakai terus menerus.

Kali ini akan khusus dibahas mengenai contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui beserta manfaatnya. Seperti diketahui jika ada beberapa contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui seperti air, angin, tanah hingga makhluk hidup lain seperti tumbuhan dan hewan.

Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Apa saja contoh-contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui? Berikut adalah penjelasan dan fungsii mengenai contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui beserta gambarnya.

Air

Air adalah salah satu contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Fungsi air bagi manusia sangat penting. Tanpa air, manusia tidak akan bisa hidup. Untuk itu penting untuk melestarikan kebersihan air di sekitar kita agar tetap bisa dimanfaatkan.

Ada banyak manfaat air bagi kehidupan manusia, di antaranya adalah untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, kebutuhan mandi dan cuci, sebagai pembangkit listrik, untuk keperluan pertanian, untuk penunjang kebutuhan ekonomi dan lain-lain.

Angin

Angin adalah sekumpulan udara yang bergerak akibat dari adanya perbedaan tekanan udara dan rotasi bumi. Angin bergerak dari suhu rendah menuju suhu tinggi atau bergerak dari tekanan tinggi menuju tekanan rendah. Kapasitas angin tidak akan pernah habis.

Ada banyak manfaat angin bagi kehidupan manusia, di antaranya adalah bisa digunakan untuk pembangkit listrik, penggerak perahu nelayan, menunjang penerbangan pesawat, untuk keperluan pertanian dan lain-lain.

Hewan

Hewan adalah organisme eukariotik multiseluler yang membentuk kerajaan biologi animalia. Istilah lain dari hewan adalah binatang, fauna atau satwa. Ada banyak jenis-jenis hewan dari hewan mamalia, serangga, burung, ikan, amfibi, reptil dan lain-lain.

Ada banyak manfaat hewan bagi kehidupan manusia, di antaranya adalah sebagai sumber makanan, sebagai sumber mata pencaharian untuk ternak, tambak dan berburu, sebagai sumber bahan sandang, sebagai alat transportasi dan lain-lain.

Tumbuhan

contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui tumbuhan

Tumbuhan adalah salah satu jenis organisme makhluk hidup selain manusia dan hewan. Dalam biologi, tumbuhan adalah organisme eukariota multiseluler yang tergolong dalam plante, termasuk beberapa klad seperti tanaman berbunga, tumbuhan berbiji, paku-pakuan, lumut dan alga hijau.

Ada banyak manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia, di antaranya adalah penghasil oksigen untuk kehidupan, untuk bahan makanan, untuk menyejukkan udara, untuk bahan material bangunan, untuk bahan pakaian, untuk keperluan pengobatan, untuk menjaga keseimbangan alam dan lain-lain.

Tanah

Tanah adalah bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik. Fungsi tanah sangat penting bagi makhluk hidup, baik itu manusia, hewan atau tumbuhan. Tanah juga penting sebagai tempat berpijak makhluk hidup dan untuk keseimbangan alam.

Ada banyak manfaat tanah bagi kehidupan manusia, di antaranya adalah digunakan untuk lahan pertanian, sebagai bahan baku produksi dan peralatan rumah tangga, sebagai sumber mata air sumur dan lain-lain.

Energi Matahari

Matahari adalah bintang di pusat tata surya yang berbentuk nyaris bulat dan terdiri dari plasma panas bercampur medan magnet. Fungsi matahari sangat penting bagi keseimbangan alam dan bagi makhluk hidup, baik itu sinar matahari, cahaya matahari atau energi matahari.

Ada banyak manfaat energi matahari bagi kehidupan manusia, di antaranya adalah sebagai sumber energi tak terbatas, sebagai pembangkit listrik, sebagai penerangan alami, membantu proses fotosintesis tumbuhan, membantu proses pengeringan, menjaga kesehatan tubuh dan lain-lain.

Panas Bumi

Panas bumi adalah energi panas yang terdapat dan terbentuk di dalam kerak bumi. Suhu di bawah kerak bumi bertambah seiring bertambahnya kedalaman. Panas bumi disebut juga dengan istilah geothermal dan memiliki beberapa fungsi bagi manusia.

Ada banyak manfaat panas bumi bagi kehidupan manusia, di antarana adalah sebagai pembangkit listrik, sebagai penunjang sektor argoindustri, untuk keperluan rumah tangga dan industri, untuk sektor pariwisata dan lain-lain.

Ombak

Ombak adalah gelombang dalam yang dihasilkan di lautan dari naik turunnya gelombang air laut. Faktanya ombak atau gelombang air laut juga termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan memiliki potensi sebagai sumber energi.

Ada banyak manfaat ombak bagi kehidupan manusia, di antaranya adalah sebagai sumber energi, sebagai pembangkit listrik, menjaga kestabilan suhu udara, membantu pertukaran gas, sebagai penunjang olahraga air dan lain-lain.

Biomassa

Biomassa adalah bahan biologis yang hidup atau baru mati yang dapat digunakan sebagai sumber bahan bakar atau untuk produksi industrial. Biasanya biomassa merujuk pada materi tumbuhan untuk biofuel, tapi juga bisa mencakup tumbuhan dan hewan untuk produksi bahan kimia.

Ada banyak manfaat biomassa bagi kehidupan manusia, di antaranya adalah sebagai sumber energi, sebagai bahan bakar nabati, meningkatkan kualitas air, mengurangi polusi udara, meminimalisir limbah organik dan lain-lain.

Biofuel

Biofuel adalah setiap bahan bakar baik padatan, cairan atau gas yang dihasilkan dari bahan-bahan organik. Istilah biofuel disebut juga sebagai bahan bakar hayati. Biofuel dapat dihasilkan secara langsung dari tanaman atau secara tidak langsung dari limbah industri, komersial, domestik atau pertanian.

Ada banyak manfaat energi biofuel bagi kehidupan manusia, di antaranya adalah sebagai sumber energi tak terbatas, sebagai bahan bakar kendaraan, sebagai penghasil energi yang ramah lingkungan dan lain-lain.

Pasang Surut

Pasang surut merupakan energi yang dihasilkan dari pasang surut air laut dan menjadikannya energi dalam bentuk lain. Saat ini pemanfaatannya memang belum luas karena tingginya biaya awal dan terbatasnya lokasi yang memiliki pasang surut yang mencukupi.

Ada banyak manfaat energi pasang surut bagi kehidupan manusia, di antaranya adalah sebagai sumber energi, sebagai pembangkit listrik, sebagai transportasi air, sebagai penunjang olahraga air, sebagai mata pencaharian dan lain-lain.

Batu

Batu adalah benda padat atau solid yang tebuat secara alami dari mineral dan atau mineraloid. Lapisan luar padat bumi, litosfer terbuat dari batuan. Ada banyak jenis batu-batuan yang ada dengan aneka bentuk, warna, fungsi dan karakteristik.

Ada banyak manfaat batu bagi kehidupan manusia, di antaranya adalah untuk bahan bangunan, untuk keperluan konstruksi, untuk bahan interior ruangan, untuk meningkatkan energi, untuk keperluan kesehatan, untuk bahan dasar industri dan lain-lain.

Pasir

Pasir adalah salah satu bahan material butiran yang umumnya berukuran di bawah 2 milimeter. Materi pembentuk pasir adalah silikon dioksida, umumnya dibentuk dari batu kapur dan sering ditemui di daerah pantai tropis dan subtropis di dekat lautan.

Ada banyak manfaat pasir bagi kehidupan manusia, di antaranya adalah sebagai bahan bangunan, sebagai bahan pembuat kaca, sebagai bahan pembuat keramik, sebagai bahan pembuat logam dan lain-lain.

Nah itulah referensi contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui beserta fungsi dan gambarnya. Ada banyak SDA yang dapat diperbarui seperti air, angin, tanah, cahaya matahari dan lain-lain. Pemanfaatan sumber daya alam menjadi penting agar bisa dimaksimalkan untuk kebutuhan manusia.

2 pemikiran pada “13+ Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui dan Manfaatnya”

Tinggalkan komentar