25+ Contoh Ekosistem Darat, Air, Alami dan Buatan [Lengkap]

25+ Contoh Ekosistem Darat, Air, Alami dan Buatan [Lengkap]

Contoh ekosistem – Ekosistem merupakan sebuah kesatuan ekologi yang terdiri dari komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik merupakan makhluk hidup sedangkan komponen abiotik adalah bukan makhluk hidup. Macam-macam ekosistem terdiri dari ekosistem alam dan buatan serta ekosistem darat dan air.

Secara umum pengertian ekosistem adalah tatanan kesatuan secara kompleks di dalamnya terdapat habitat, tumbuhan dan binatang yang dipertimbangkan sebagai unit kesatuan secara utuh, sehingga semuanya akan menjadi bagian mata rantai siklus materi dan aliran energi.

Komponen ekosistem terdiri dari komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik merupakan makhluk hidup yang tinggal di ekosistem, bisa berupa hewan dan tumbuhan. Sedangkan komponen abiotik adalah unsur benda mati atau bukan makhluk hidup pada ekosistem, misalnya yakni air, udara, tanah, sinar matahari, suhu dan lain-lain.

Terdapat beberapa klasifikasi ekosistem. Berdasarkan letak geografisnya, macam-macam ekosistem dibedakan menjadi ekosistem daratan dan ekosistem perairan. Sementara berdasarkan cara terbentuknya, jenis ekosistem ada dua yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan.

(baca juga contoh hewan karnivora herbivora omnivora)

Macam-Macam Ekosistem

Ada banyak macam-macam ekosistem yang ada, baik secara alami maupun buatan, baik yang di darat maupun di air. Berikut adalah contoh-contoh ekosistem darat, air dan buatan beserta penjelasannya.

Contoh Ekosistem Darat

contoh ekosistem darat

Di bawah ini adalah jenis dan macam-macam ekosistem darat meliputi hutan hujan tropis, hutan gugur, padang rumput, gurun, tundra, savana dan taiga.

  1. Hutan hujan tropis, yakni jenis ekosistem darat yang ada pada daerah yang memiliki iklim tropis dengan curah hujan yang sangat tinggi.
  2. Hutan gugur, yakni jenis ekosistem darat yang ada pada daerah sub tropis dengan curah hujan yang cukup.
  3. Padang rumput, yakni jenis ekosistem darat yang dapat ditemukan di daerah dengan iklim tropis maupun sub tropis dengan curah hujan cenderung rendah.
  4. Gurun, yakni jenis ekosistem darat yang ada pada daerah bumi dengan temperatur yang paling panas dengan curah hujan sangat minim.
  5. Tundra, yakni jenis ekosistem darat yang berada pada daerah terdingin di bumi, yaitu di wilayah Antartika dan Artik.
  6. Savana, yakni jenis ekosistem darat yang berada pada daerah yang beriklim tropis dengan curah hujan tinggi.
  7. Taiga, yakni jenis ekosistem darat yang dapat ditemui pada daerah beriklim sub tropis serta daerah dengan iklim dingin.

Contoh Ekosistem Air

contoh ekosistem air

Di bawah ini adalah jenis dan macam-macam ekosistem air meliputi air laut, air tawar, danau, sungai, rawa, terumbu karang, pantai dan estuari.

  1. Air laut, yakni jenis ekosistem air yang berada pada kedalaman lebih dari 2000 m dari permukaan laut yang tidak mendapat sinar matahari.
  2. Air tawar, yakni jenis ekosistem air dengan variasi suhu rendah, penetrasi cahaya yang kurang namun masih terpengaruh iklim dan cuaca.
  3. Danau, yakni jenis ekosistem air yang ada pada danau, yakni wilayah perairan yang dikelilingi oleh wilayah daratan.
  4. Sungai, yakni jenis ekosistem air pada sungai yang merupakan aliran air yang ada di permukaan bumi yang mengalir dari tempat tinggi menuju ke tempat yang lebih rendah.
  5. Rawa, yakni jenis ekosistem air yang ada pada daerah rawa-rawa yang merupakan genangan air yang terjadi di dataran yang cekung.
  6. Terumbu karang, yakni jenis ekosistem air yang ada di laut dangkal, sehingga sinar matahari masih dapat masuk.
  7. Pantai, yakni jenis ekosistem yang berada di tepi laut, tempat pertemuan antara wilayah daratan dan wilayah perairan.
  8. Estuari, yakni jenis ekosistem air sebagai tempat bertemunya air tawar dan air laut.

Contoh Ekosistem Buatan

contoh ekosistem buatan

Di bawah ini adalah jenis dan macam-macam ekosistem buatan meliputi kolam, kebun binatang, suaka marga satwa, waduk, taman hutan raya, sawah, taman safari, bendungan, kebun dan aquarium.

  1. Kolam, yakni jenis ekosistem buatan berupa genangan air yang dibuat oleh manusia.
  2. Kebun binatang, yakni jenis ekosistem buatan dengan lingkungan alam buatan yang terpisah pada tiap jenis-jenis spesies.
  3. Suaka marga satwa, yakni jenis ekosistem buatan sebagai upaya perlindungan pada ekosistem yang dinilai memiliki keunikan atau terancam punah.
  4. Waduk, yakni jenis ekosistem buatan berupa tempat penampungan air raksasa yang dibuat oleh manusia.
  5. Taman hutan raya, yakni jenis ekosistem buatan berupa taman hutan yang sebagian masih habitat asli, dan sebagian telah diperbarui dengan lingkungan buatan.
  6. Sawah, yakni jenis ekosistem buatan yang tercipta dari kegiatan pertanian yang dilakukan manusia.
  7. Taman safari, yakni jenis ekosistem buatan berupa upaya pelestarian flora dan fauna melalui pembuatan lingkungan buatan tanpa dibatasi kandang seperti di kebun binatang.
  8. Bendungan, yakni jenis ekosistem buatan berupa bangunan besar untuk menahan arus liran air.
  9. Kebun, yakni jenis ekosistem buatan yang tercipta karena aktivitas manusia dalam membuat perkebunan.
  10. Aquarium, yakni jenis ekosistem buatan berupa kotak air kecil berisi ikan-ikan hias dan tumbuhan air.

Nah itulah contoh-contoh ekosistem dan penjelasannya, baik contoh ekosistem alami dan buatan. Ada banyak jenis-jenis ekosistem yang ada di alam, baik di darat, di laut maupun ekosistem non-alami atau buatan manusia. Semoga bisa menjadi referensi.

Tinggalkan komentar