cabang cabang seni seni rupa

5+ Cabang-Cabang Seni Beserta Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Cabang-cabang seni – Seni merupakan suatu wujud karya hasil ekspresi manusia. Seni mengandung unsur imajinasi dan gagasan dari seniman sesuai dengan unsur-unsur tertentu. Terdapat beberapa jenis-jenis seni berdasarkan karakteristik dan contohnya, misalnya seperti seni rupa, seni musik atau seni tari.

Secara umum pengertian seni adalah kegiatan manusia menciptakan karya visual, audio, atau pertunjukan yang mengungkapkan imajinasi, gagasan, atau teknik pembuatnya, untuk dihargai keindahannya. Seni merupakan ekspresi perasaan manusia ke dalam suatu media nyata yang memiliki unsur keindahan atau estetika.

Seni bisa berupa seni murni atau seni terapan. Seni murni hanya mengutamakan keindahannya, sementara untuk seni terapan juga memiliki fungsi dan kegunaan bagi manusia. Adapun fungsi seni juga bisa berguna untuk keperluan pendidikan, keagamaan, hiburan, informasi, kesehatan, dan pemenuhan kebutuhan fisik.

Dilihat dari cara penikmatannya, macam-macam seni memiliki beberapa jenis. Tiap jenis seni juga memiliki unsur dan ciri-ciri masing-masing yang berbeda-beda. Misalnya seni rupa, dinikmati dengan cara melihat dan meraba sebuah karya, berbeda dengan seni musik yang dinikmati dengan cara mendengarkan karya musik.

Cabang-Cabang Seni

Berikut merupakan cabang-cabang dan jenis-jenis seni beserta pengertian, ciri-ciri, fungsi, dan contohnya lengkap.

Seni Rupa

cabang cabang seni seni rupa

Cabang seni yang pertama adalah seni rupa. Definisi dan pengertian seni rupa adalah salah satu cabang seni yang nilai keindahannya bisa dinikmati dengan indra penglihatan dan indra peraba. Beberapa jenis seni rupa misalnya seni lukis, seni pahat, seni ukir, dan sebagainya.

Seni rupa bisa berupa seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Jenis seni rupa juga bisa diklasifikasi menjadi seni rupa murni dan seni rupa terapan. Yang termasuk contoh karya seni rupa misalnya adalah lukisan, patung, pahat, relief, arsitektur, pakaian, dan lain-lain.

Seni Musik

cabang cabang seni seni musik

Seni musik merupakan salah satu cabang seni yang menggunakan media bunyi sebagai sarana pengungkapan ekspresi senimannya. Beberapa unsur-unsur seni musik antara lain adalah melodi, ritme, nada, irama, tangga nada, dan lain-lain.

Seni musik bisa dihasilkan dengan bantuan alat musik seperti gitar, piano, drum, trumpet, biola, seruling, dan lain-lain. Musik yang dihasilkan pun bisa dibagi menjadi berbagai genre, sebut saja seperti pop, rock, R&B, hip hop, jazz, reggae, blues, dangdut, keroncong, dan sebagainya.

Seni Tari

Berikutnya adalah juga cabang seni tari. Adapun pengertian seni tari merupakan seni yang diwujudkan melalui gerak, ruang, waktu, irama, wirasa, wiraga, dan susunan unsur gerakan anggota tubuh secara teratur sehingga menimbulkan gerakan yang indah dan dapat dinikmati.

Seni tari bisa berupa tari tradisional atau tari modern. Contoh tari-tarian yang tereknal misalnya adalah tari tradisional seperti tari kecak, tari piring, tari remo, tari tor-tor, tari pendet, tari jaipong, atau bisa juga tari modern seperti breakdance dan k-pop dance.

Seni Sastra

Cabang seni yang terakhir adalah seni sastra. Yang dimaksud seni sastra merupakan cabang seni yang lahir dari ide dan gagasan manusia yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Seni sastra menggunakan rangkaian kata-kata membentuk suatu tulisan yang dapat dinikmati oleh pembacanya.

Yang termasuk contoh seni sastra misalnya adalah puisi, prosa, syair, cerpen, novel, dan karya sastra lainnya. Untuk bisa membuat seni sastra dibutuhkan kemampuan untuk merangkai kata sesuai unsur-unsur dan kaidah kebahasaan yang disepakati.

Seni Teater

Seni teater merupakan cabang seni yang menggabungkan unsur-unsur seni lainnya sebagai wujud visualisasinya. Sebutan lain dari seni teater adalah seni drama. Pertunjukan teater pun menjadi wujud ekspresi yang melibatkan unsur dialog, monolog, gerakan, dan plot cerita tertentu.

Secara umum, seni teater juga mengkombinasikan seni rupa, seni musik, seni tari, dan seni sastra dalam pertunjukannya. Proses menciptakan seni teater terdiri dari penyusunan naskah, penggarapan, penafsiran, dan pementasan di atas panggung di hadapan penonton. 

Nah itulah referensi 5 cabang-cabang seni beserta pengertian, ciri-ciri, unsur-unsur, dan contohnya lengkap. Jenis-jenis seni secara umum dibedakan menjadi 5 (lima) yakni seni rupa, seni musik, seni tari, seni sastra, dan seni teater.

Tinggalkan komentar