Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis dan Geografis  (Darat & Laut)

Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis dan Geografis (Darat & Laut)

Batas wilayah Indonesia – Indonesia adalah salah satu negara di benua Asia, tepatnya di kawasan Asia Tenggara. Luas wilayah Indonesia sebesar 1.904.569 km persegi, dan memiliki lebih dari 17 ribu pulau dan wilayah perairan yang luas. Indonesia juga memiliki batas-batas wilayah dengan negara-negara tetangga, baik batas daratan maupun batas lautan.

Indonesia memiliki letak yang strategis, setidaknya jika dilihat dari letak Indonesia secara geografis. Indonesia terletak di antara dua benua (Asia dan Australia) serta di antara dua samudera (Pasifik dan Hindia). Hal ini membuat posisi geografis Indonesia strategis dengan dampak dan keuntungan di bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya.

Adapun letak astronomis Indonesia terletak di 6˚LU – 11˚LS serta 95˚BT – 141˚BT. Dampaknya Indonesia memiliki 3 perbedaan waktu, yakni wilayah Indonesia barat (WIB), wilayah Indonesia tengah (WITA), dan wilayah Indonesia timur (WIT). Indonesia juga menjadi negara yang dilalui garis khatulistiwa.

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan terbesar dengan jumlah pulau lebih dari 17 ribu pulau. Selain itu, Indonesia juga termasuk negara maritim, karena memiliki wilayah perairan yang luas. Luas wilayah Indonesia terbentang dari Sabang di ujung barat hingga Merauke di ujung timur.

Luasnya wilayah Indonesia membuat negara ini memiliki batas-batas dengan banyak negara. Tercatat Indonesia memiliki batas daratan secara langsung dengan 3 negara, yakni Malaysia (sebelah utara), Papua Nugini (sebelah timur), dan Timor Lester (sebelah selatan). Selain itu setidaknya ada 7 negara yang memiliki batas laut di wilayah perairan dengan Indonesia.

batas wilayah indonesia

Batas Wilayah Indonesia

Berikut ini akan dijelaskan mengenai batas-batas negara Indonesia secara geografis dan astronomis dengan negara-negara tetangga yang ada di sekitarnya, baik batas di daerah daratan maupun lautan di sebelah utara, timur, selatan, dan barat.

Batas Wilayah Indonesia Bagian Utara

Batas wilayah Indonesia sebelah utara memiliki batas pada wilayah daratan dan perairan. Pada batas darat, Indonesia berbatasan dengan negara Malaysia di pulau Kalimantan. Sementara pada batas lautan, Indonesia berbatasan dengan wilayah perairan negara ASEAN lain seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Filipina serta dengan Laut Cina Selatan dan Samudera Pasifik.

  • Batas darat : Malaysia
  • Batas laut : Perairan Malaysia, Perairan Singapura, Perairan Filipina, Perairan Thailand, Perairan Vietnam, Laut Cina Selatan, Selat Malaka, Samudera Pasifik

Batas Wilayah Indonesia Bagian Timur

Batas wilayah Indonesia sebelah timur memiliki batas pada wilayah daratan dan perairan. Pada batas darat, Indonesia berbatasan dengan negara Papua Nugini di pulau Papua. Sementara pada batas lautan, Indonesia berbatasan dengan wilayah perairan Samudera Pasifik.

  • Batas darat : Papua Nugini
  • Batas laut : Samudera Pasifik

Batas Wilayah Indonesia Bagian Selatan

Batas wilayah Indonesia sebelah selatan memiliki batas pada wilayah daratan dan perairan. Pada batas darat, Indonesia berbatasan dengan negara Timor Leste di pulau Timor. Sementara pada batas lautan, Indonesia berbatasan dengan wilayah perairan Samudera Hindia.

  • Batas darat : Timor Leste
  • Batas laut : Samudera Hindia

Batas Wilayah Indonesia Bagian Barat

Batas wilayah Indonesia sebelah barat memiliki batas pada wilayah perairan saja. Pada batas lautan Indonesia di sebelah barat berbatasan dengan wilayah perairan Samudera Hindia dan perairan negara India.

  • Batas darat : (tidak ada)
  • Batas laut : Samudera Hindia, Perairan India

Nah itulah referensi batas-batas wilayah Indonesia, baik batas darat Indonesia maupun batas laut Indonesia. Batas-batas negara Indonesia ada di sebelah utara, timur, selatan, dan barat, dengan negara tetangga atau wilayah perairan lepas seperti laut, selat dan samudera.

2 pemikiran pada “Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis dan Geografis (Darat & Laut)”

Tinggalkan komentar