Bagian-Bagian Telinga Beserta Fungsi dan Strukturnya [Lengkap]

Bagian-Bagian Telinga Beserta Fungsi dan Strukturnya [Lengkap]

Bagian-bagian telinga dan fungsinya – Telinga termasuk salah satu dari lima panca indra manusia selain mata, hidung, lidah dan kulit. Fungsi telinga adalah untuk mendengarkan suara dan bunyi. Dengan telinga kita bisa mendengarkan musik atau suara orang lain dengan menangkap getaran dan gelombang di udara.

Fungsi telinga yang paling utama adalah sebagai indra pendengar bagi manusia. Artinya manusia bisa mendengarkan suara atau bunyi dengan telinga. Fungsi telinga bagi manusia yang lainnya adalah untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Terdapat beberapa bagian-bagian telinga manusia. Tiap bagian memiliki peran dan fungsi masing-masing yang penting dalam proses pendengaran manusia. Ada yang menerima getaran, ada yang menyalurkan gelombang, ada juga yang melindungi bagian dalam telinga.

Lantas apa saja fungsi bagian-bagian telinga manusia dan pengertiannya? Kali ini akan dibahas mengenai apa saja bagian-bagian telinga dan fungsinya beserta struktur telinga manusia secara lengkap dalam proses mendengarkan bunyi atau suara.

(baca juga bagian-bagian mata)

bagian-bagian telinga dan fungsinya

Bagian-Bagian Telinga

Di bawah ini akan dijelaskan bagian-bagian telinga beserta fungsinya terdiri dari tiga bagian utama telinga yakni telinga bagian luar, telinga bagian tengah dan telinga bagian dalam beserta bagian-bagian di dalamnya.

Telinga Bagian Luar

Bagian telinga terluar disebut sebagai telinga bagian luar. Bagian telinga luar terdiri dari daun telinga (pinna), liang telinga (meatus auditorius eksternus) dan gendang telinga (membran timpani).

Daun Telinga

Bagian terluar dari telinga adalah daun telinga. Bagian daun telinga ini disebut juga disebut sebagai pinna. Fungsi daun telinga adalah untuk membantu mengarahkan suara masuk ke dalam liang telinga dan diteruskan menuju gendang telinga serta mengatur volume suara yang diterima.

Liang Telinga

Liang telinga disebut juga sebagai meatus auditorius eksternus. Liang telinga dilapisi oleh kulit berambut halus dan dilengkapi kelenjar keringat. Fungsi liang telinga adalah untuk menjaga agar benda asing tidak masuk lebih dalam. Liang telinga juga berfungsi untuk meneruskan rangsang bunyi ke gendang telinga.

Gendang Telinga

Gendang telinga disebut juga sebagai membran timpani. Bentuknya seperti lembaran bulan serta memiliki 3 lapisan yaitu lapisan luar, lapisan tengah dan lapisan dalam. Fungsi gendang telinga adalah membantu proses mendengar, yaitu menghantarkan getaran gelombang suara agar berlanjut menuju telinga bagian tengah dan telinga bagian dalam.

Telinga Bagian Tengah

Telinga bagian tengah terletak di antara telinga bagian luar dan telinga bagian dalam. Bagian telinga tengah terdiri dari tiga tulang pendengaran dan saluran eustachius.

Tiga Tulang Pendengaran

Tiga tulang pendengaran yang ada di saluran telinga bagian tengah terdiri dari tulang martil (malleus), tulang landasan (incus) dan tulang sanggurdi (stapes). Fungsi tiga tulang pendengaran adalah memperkuat dan meneruskan getaran yang diterima dari gendang telinga menuju telinga bagian dalam.

Saluran Eustachius

Saluran Eustachius merupakan saluran dari bagian tengah telinga yang menghubungkan telinga ke rongga hidung dan tenggorokan. Fungsi saluran eustachius adalah mengatur keseimbangan tekanan udara sekaligus sebagai penghubung telinga dan rongga hidung.

Telinga Bagian Dalam

Bagian terdalam telinga disebut sebagai telinga bagian dalam. Bagian telinga dalam ini terdiri atas labirin tulang dan labirin membran. Labirin tulang adalah rongga yang terbentuk dari tonjolan tulang pelipis, sementara labirin membran letaknya sama dengan labirin tulang, namun letaknya lebih dalam.

Tulang labirin dibagi ke dalam tiga bagian yaitu rumah siput (koklea), vestibula dan kanalis semisirkular. Terdapat pula saraf auditori yang berfungsi untuk meneruskan impuls listrik dari saraf ke jaringan otak.

Rumah Siput

Rumah siput juga disebut sebagai koklea. Fungsi rumah siput adalah untuk mengubah getaran menjadi impuls listrik dan meneruskannya ke otak. Di dalam tabung rumah siput terdapat bagian yang terbentuk oleh tulang dan membran koklea, bagian ini disebut membran basilaris.

Vestibula

Vestibula adalah bagian yang terdiri dari sakula dan utrikula. Keduanya disusun oleh sel rambut dengan struktur khusus yang disebut sebagai macula acustika. Sel rambut pada sakula tersusun secara vertikal. Sedangkan sel rambut pada utrikula tersusun secara horizontal.

Kanalis Semisirkular

Kanalis semisirkular juga disebut sebagai saluran setengah lingkaran. Fungsi kanalis semisirkular adalah untuk menjaga keseimbangan tubuh. Terdapat 3 saluran semirsirkular yakni kanalis semisirkular horizontal, kanalis semisirkular vertikal superior dan kanalis semisirkular vertikal posterior.

Nah demikian referensi bagian-bagian telinga dan fungsinya lengkap beserta penjelasannya. Secara umum ada 3 bagian utama telinga seperti telinga bagian luar, telinga bagian tengah serta telinga bagian dalam. Tiap bagian-bagian telinga memiliki fungsi masing-masing dalam proses pendengaran.

Tinggalkan komentar