Tujuan VOC Didirikan di Indonesia Beserta Hak-Hak & Latar Belakangnya

Tujuan VOC Didirikan di Indonesia Beserta Hak-Hak & Latar Belakangnya

Tujuan dibentuknya VOC – VOC adalah singkatan dari Vereenigde Oostindische Compagnie, yang merupakan persekutuan dagang asal Belanda yang memiliki monopoli untuk aktivitas perdagangan di Asia. Tujuan VOC dibentuk pertama kali adalah untuk memonopoli perdagangan di Indonesia dan Asia.

VOC pertama kali didirikan pada tahun 1602 setelah suksesnya ekspedisi ke Indonesia oleh Cornelis De Houtman. Perusahaan ini dibentuk untuk melakukan konsolidasi para pedagang Belanda agar bisa bersaing dengan pedagang Portugal, Spanyol, dan Inggris.

(baca juga sejarah Pancasila)

tujuan voc

Latar Belakang VOC

Latar belakang dibentuknya VOC bertujuan untuk memonopoli pedagangan di Indonesia. Upaya ini sebenarnya sudah coba dilakukan oleh negara-negara lain seperti Inggris dan Portugis. Namun Belanda pun bergerak cepat, wujud nyatanya dengan pembentukan VOC di Indonesia.

VOC menjadi wadah para pedagang Belanda agar bersatu, sekaligus untuk mengurangi persaingan dagang antar sesama pedagang Belanda. VOC pun resmi dibentuk pada tanggal 20 Maret 1602. Perusahaan ini dianggap sebagai perusahaan multinasional pertama di dunia sekaligus merupakan perusahaan pertama yang mengeluarkan sistem pembagian saham.

VOC sangat didukung oleh pemerintah Belanda dan diberi fasilitas dan keistimewaan tersendiri. VOC bahkan diberi hak-hak istimewa, yang dikenal sebagai hak oktrooi, antara lain adalah hak memonopoli perdagangan hingga hak kedaulatan.

Tujuan Dibentuknya VOC

Ada beberapa tujuan didirikannya VOC di Indonesia oleh pihak kolonial Belanda. Berikut merupakan beberapa fungsi dan tujuan VOC beserta penjelasannya lengkap.

1. Mengurangi Persaingan Sesama Pedagang Belanda

Salah satu tujuan utama dibentuknya VOC oleh Belanda adalah untuk menggabungkan usaha dari para pedagang Belanda. Hal ini juga bertujuan untuk mengurangi persaingan dagang antar sesama pedagang Belanda guna mendapatkan keuntungan yang maksimal.

2. Mengatasi Persaingan dengan Pedagang Negara Eropa Lain

VOC juga bertujuan untuk mengatasi persaingan dengan pedagang dari negara Eropa lain, terutama para pedagang Inggris, Spanyol, dan Portugal. Dengan begitu, VOC dan pedagang-pedagang Belanda jadi lebih mendominasi pasar dagang.

3. Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah

Tujuan VOC berikutnya adalah untuk menguasai dan memonopoli perdagangan rempah-rempah. Seperti diketahui jika Indonesia kaya akan rempah-rempah. Belanda pun berupaya memonopoli perdagangannya guna mendatangkan keuntungan finansial berlipat-lipat.

4. Memperkokoh Posisi Belanda di Dunia Internasional

VOC juga berfungsi untuk memperkuat posisi Belanda di mata dunia secara internasional. Hal ini penting dalam keadaan persaingan dagang dengan negara-negara lain, terutam dari Eropa. Adanya VOC pun membuat bangsa Belanda menjadi lebih disegani.

5. Membantu Dana ke Pemerintah Belanda

VOC ternyata juga berperan untuk membantu dana bagi pemerintah Belanda, yang sedang berjuang melawan Spanyol yang masih menduduki Belanda. Adanya VOC pun penting sebagai penyumbang dana agar Belanda mampu menyelesaikan konflik dengan Spanyol.

6. Menguasai Pelabuhan-Pelabuhan di Indonesia

Tujuan VOC yang terakhir adalah menguasai pelabuhan-pelabuhan strategis yang ada di Indonesia. VOC datang ke Indonesia untuk menguasai aset-aset penting, seperti pelabuhan strategis dan juga kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia saat itu.

Hak-Hak VOC

VOC diberikan hak istimewa langsung oleh pemerintah Belanda. Hak istimewa VOC ini dikenal dengan sebutan hak oktrooi VOC yang antara lain adalah sebagai berikut :

1. Hak Monopoli Perdagangan

Hak monopoli untuk berdagang dan berlayar di wilayah sebelah timur Tanjung Harapan dan sebelah barat Selat Magelhaens serta menguasai perdagangan untuk kepentingan sendiri.

2. Hak Kedaulatan

Hak kedaulatan (soevereiniteit) sehingga dapat bertindak layaknya suatu negara untuk :

  • Memelihara angkatan perang
  • Memaklumkan perang dan mengadakan perdamaian
  • Merebut dan menduduki daerah-daerah asing di luar negeri Belanda
  • Memerintah daerah-daerah tersebut
  • Menetapkan/mengeluarkan mata-uang sendiri
  • Memungut pajak

Nah itulah referensi tujuan VOC dibentuk di Indonesia beserta hak-hak VOC dan sejarah VOC dibentuk oleh pihak Belanda. Dibentuknya VOC pun penting untuk memonopoli perdagangan di Asia saat itu.

Tinggalkan komentar