Struktur Cerpen Beserta Penjelasan dan Kaidah Kebahasaannya

Struktur Cerpen Beserta Penjelasan dan Kaidah Kebahasaannya

Struktur cerpen – Cerpen adalah singkatan dari cerita pendek. Berdasarkan namanya pengertian cerpen adalah cerita yang pendek dan singkat. Hal ini juga merupakan ciri-ciri cerpen yang jumlah katanya harus kurang dari 10 ribu. Selain itu juga terdapat struktur teks cerpen yang ada di dalam cerita pendek tersebut.

Jika dikembangkan, pengertian cerpen secara umum adalah karangan pendek yang mengisahkan seorang tokoh dengan sebuah masalah beserta penyelesaiannya. Cerpen haruslah pendek, karena jika panjang maka masuk kategori novel atau karangan lain. Cerpen dapat dibaca sekali duduk dalam waktu singkat.

Terdapat beberapa ciri-ciri cerpen di antaranya adalah ceritanya pendek, jumlah kata kurang dari 10 ribu, bersifat fiktif, menggunakan kata yang sederhana serta memiliki alur tunggal dan lurus. Karakteristik cerpen juga mencakup penokohan dan konflik yang ditampilkan.

Dalam cerpen juga terdapat struktur khusus meliputi unsur-unsur cerpen yang ada di dalam cerita. Struktur cerpen secara umum ada 6, termasuk orientasi tentang latar waktu, tempat dan suasana serta resolusi yang menjadi penyelesaian konflik atau masalah dalam cerita.

struktur cerpen

Struktur Cerpen

Di bawah ini akan dijelaskan struktur cerpen beserta penjelasannya meliputi abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi dan koda selengkapnya.

1. Abstrak

Abstrak termasuk struktur cerpen di awal cerita. Pengertian abstrak pada cerpen adlaah gambaran awal dari cerita yang akan diceritakan. Abstrak bersifat optional pada cerpen, artinya boleh ada namun boleh juga jika cerpen tidak memiliki abstrak.

2. Orientasi

Orientasi menjadi salah satu struktur teks cerpen yang selanjutnya. Pengertian orientasi pada cerpen berhubungan dengan waktu, suasana dan tempat di dalam cerita pendek tersebut, yang menjawab pertanyaan kapan, dimana serta bagaimana.

3. Komplikasi

Struktur teks cerpen berikutnya adalah komplikasi. Pengertian komplikasi pada cerpen adalah urutan kejadian yang dihubungkan secara sebab dan akibat. Karakter dan watak tokoh biasanya terlihat di struktur komplikasi ini yang menggambarkan plot cerita.

4. Evaluasi

Evaluasi menjadi jenis struktur cerpen yang selanjutnya. Pengertian evaluasi pada cerpen adalah konflik yang terjadi dan menuju pada klimaks. Dalam evaluasi, konflik sudah mulai mendapatkan solusi dan penyelesaian serta menuju ke tahap akhir.

5. Resolusi

Resolusi merupakan salah satu dari struktur teks cerpen. Pengertian resolusi pada cerpen adalah ketika pengarang mengungkapkan solusi terhadap masalah yang dialami tokoh dalam cerpen. Dalam resolusi, masalah sudah mendapat penyelesaian di tahap akhir cerita.

6. Koda

Struktur cerpen berikutnya dan yang terakhir adalah koda. Pengertian koda pada cerpen adalah nilai atau pelajaran yang bisa didapat dari teks cerita pendek oleh pembaca. Pesan dan amanat menjadi intisari cerita yang bisa dipetik oleh pembaca setelah membaca teks cerpen.

Nah itulah referensi penjelasan struktur-struktur cerpen yang ada pada tiap cerita pendek. Secara umum struktur teks cerpen adalah abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi dan koda. Semoga info tersebut bisa menjadi referensi dan menambah wawasan.

Tinggalkan komentar