5+ Struktur Artikel Beserta Fungsi, Ciri-Ciri dan Penjelasannya

5+ Struktur Artikel Beserta Fungsi, Ciri-Ciri dan Penjelasannya

Struktur artikel – Artikel merupakan sebuah karya tulis, seperti laporan berita atau esai dalam majalah atau surat kabar. Kita mungkin sering membaca artikel sehari-hari. Terdapat beberapa kaidah penulisan artikel yang benar, termasuk struktur artikel dari awal sampai akhir.

Secara umum, pengertian artikel adalah sebuah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan dan memiliki tujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat mendidik atau menghibur.

Terdapat beberapa jenis-jenis artikel dilihat dari isinya, yakni narasi, deskripsi, argumentasi, persuasi, dan eksposisi. Tiap jenis artikel memiliki karakteristik yang berbeda-beda, berdasarkan apa yang dibahas pada bagian isi artikelnya.

Ciri-ciri penulisan artikel antara lain isinya harus berdasarkan pada fakta yang benar-benar terjadi dan harus dapat dipertanggungjawabkan, serta memiliki sifat faktual dan informatif berdasarkan riset dan hasil penelitian yang telah dilakukan.

Penulisan artikel juga harus menggunakan metode penulisan yang tepat dan sistematis agar informasi mudah diterima oleh pembaca. Selain itu juga harus menggunakan ragam kalimat yang lugas, logis, denotatif dan efektif sesuai kaidah penulisannya.

Selain itu dalam sebuah artikel terdapat struktur-struktur tertentu dari awal sampai akhir. Bagian-bagian ini harus ada dan harus urut, mulai dari bagian judul sampai bagian penutup artikel di paragraf terakhir.

(baca juga ciri-ciri teks eksposisi)

struktur artikel

Struktur Artikel

Di bawah ini akan dijelaskan apa saja struktur artikel beserta fungsi dan ciri-cirinya, meliputi bagian judul, pembukaan artikel, leher artikel, isi artikel, dan bagian penutup.

1. Judul

Struktur artikel yang pertama adalah judul. Bagian judul berfungsi sebagai pengenalan sebelum dimulainya pembahasan, dan merupakan bagian yang pertama kali dilihat oleh pembaca.

Pada umumnya, orang jadi tertarik membaca suatu artikel karena judulnya yang menarik. Untuk itu bagian judul menjadi sangat penting agar dapat menarik pembacanya.

Judul merupakan gagasan utama yang mencakup inti semua artikel. Judul juga berfungsi sebagai bagian pengenalan yang memberikan gambaran tentang isi dari artikel yang akan dibaca. 

2. Pembukaan Artikel (Lead)

Struktur artikel yang selanjutnya adalah bagian pembukaan artikel atau lead. Pembukaan artikel ini berfungsi sebagai awal dari pembahasan artikel. Letak bagian pembuka ini terdapat pada paragraf pertama sebuah artikel.

Bagian pembukaan ini berisikan uraian aktual penting yang mendasari pembahasan pada bagian artikel selanjutnya. Umumnya terdapat uraian peristiwa, pernyataan, narasi, atau kutipan pada bagian pembukaan ini.

Terdapat 2 teknik menulis pembukaan artikel yaitu deduktif dan induktif. Cara deduktif dilakukan dengan menulis bagian pembukaan yang bersifat umum. Sebaliknya teknik induktif dilakukan dengan menulis bagia pembukaan yang bersifat khusus.

3. Leher Artikel (Bridge)

Selanjutnya ada bagian leher artikel, disebut juga sebagai bagian jembatan atau bridge. Bagian leher artikel ini penting untuk menjadi penghubung antara bagian kepala dengan batang tubuh artikel.

Bagian ini memuat teras dengan isi materi yang akan dibahas pada artikel, berupa pernyataan atau uraian yang mengungkapkan permasalahan. Letak bagian leher tepat setelah paragraf pembukaan.

Singkatnya, isi yang ada pada bagian leher ini menjadi penyambng antara bagian pembukaan yang sudah dibahas sebelumnya, menuju ke dalam pokok permasalahan yang akan dibahas dengan lebih detail pada bagian isi artikel setelahnya.

4. Isi Artikel (Body)

Struktur artikel berikutnya adalah bagian isi artikel atau tubuh, disebut juga sebagai body. Bagian isi artikel ini memiliki fungsi untuk mengungkapkan suatu permasalahan yang ingin dikupas dalam artikel.

Bagian isi artikel ini menjadi bagian yang paling penting dalam sebuah artikel. Pada bagian ini permasalahan akan dibahas dengan detail, dengan uraian panjang lebar sesuai keinginan penulis.

Bagian ini juga disebut sebagai bagian eksplanasi, karena menjelaskan semua maksud permasalahan dalam suatu artikel. Pemaparan masalah dilakukan dengan rinci, namun tidak boleh menyebar ke topik lain yang tidak relevan.

5. Penutup

Struktur artikel yang terakhir adalah alinea penutup. Bagian penutup digunakan sebagai kesimpulan dari permasalahan yang dibahas. Bagian penutup ini selalu berada di paragraf terakhir suatu artikel.

Bagian penutup ini disebut juga sebagai bagian akhir, bagian kaki, bagian antiklimaks, atau bagian ending. Pada penutup, akan dijelaskan rangkuman dan kesimpulan dari pembahasan artikel dengan lebih ringkas.

Pada bagian penutup ini, pembaca dapat menilai bagaimana sikap penulis terhadap masalah yang dijelaskannya. Umumnya kesimpulan akan diberikan tanpa kalimat yang bersifat normatif atau terlalu umum.

Nah itulah referensi 5 struktur artikel beserta pembahasannya lengkap. Secara umum ada 5 struktur dari artikel yakni judul, pembukaan, leher, isi artikel, dan penutup.

Tinggalkan komentar