Pengertian Sepak Bola | Definisi, Tujuan, Jumlah Pemain, Teknik Dasarnya

Pengertian Sepak Bola | Definisi, Tujuan, Jumlah Pemain, Teknik Dasarnya

Pengertian sepak bola – Sepak bola merupakan cabang olahraga paling populer di dunia. Permainan ini dilakukan oleh 11 pemain di atas lapangan rumput, dengan tujuan sepak bola yang utama adalah untuk mencetak gol ke gawang lawan. Menurut sejarahnya, peraturan sepak bola terus berkembang dari tahun ke tahun sampai sekarang.

Secara internasional, permainan sepak bola dimainkan oleh 11 pemain tiap timnya. Posisi-posisi pemain sepak bola terdiri dari penjaga gawang (kiper), pemain bertahan (bek), pemain tengah (gelandang), dan pemain depan (penyerang). Tentu tiap posisi pemain memiliki peran dan tugas masing-masing sesuai instruksi pelatih.

Kita mungkin pernah memainkan pertandingan sepak bola bersama dengan teman-teman kita, dengan jumlah pemain dan waktu yang seadanya. Namun secara internasional, segala sesuatu mengenai sepak bola diatur dengan baik dan detail. Aturan sepak bola secara internasional pun dimainkan dalam durasi waktu normal selama 2 x 45 menit.

Ukuran lapangan yang digunakan pun juga diatur oleh FIFA, selaku federasi sepak bola internasional. Ada juga beberapa teknik dasar sepak bola yang perlu diperhatikan, seperti teknik menendang atau menggiring bola. Meski termasuk sebagai olahraga tim, namun kemampuan dasar tiap individu juga penting untuk dimiliki.

(baca juga pengertian olahraga)

pengertian sepak bola

Pengertian Sepak Bola

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai apa itu pengertian sepak bola secara umum beserta arti dan definisinya menurut KBBI dan menurut pendapat para ahli.

Arti Sepak Bola Menurut KBBI

Pengertian sepak bola menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain, berlangsung selama 2 x 45 menit, kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan.

Definisi Sepak Bola Secara Umum

Pengertian sepak bola secara umum merupakan suatu cabang olahraga yang menggunakan bola yang umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan memasukan bola ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan dalam lapangan terbuka yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput. Tim pemenang ditentukan adalah yang paling banyak mencetak gol dalam durasi waktu sepak bola yakni 2 x 45 menit.

Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

Berikut akan dibahas mengenai pengertian dan definisi permainan sepak bola menurut pendapat para ahli.

Menurut FIFA

Pengertian sepak bola menurut FIFA (Federation Internationale de Football Association) adalah permainan yang dimainkan oleh 11 pemain pada setiap timnya di atas lapangan rumput dengan dimensi panjang lapangan 90-120 meter dan lebar lapangan 45-90 meter.

Menurut Soekatamsi (1994)

Pengertian sepak bola menurut Soekatamsi adalah suatu permainan beregu yang diperlombakan dimana masing-masing regu terdiri dari 11 pemain termasuk penjaga gawang.

Menurut Muhyi Faruq (2008)

Pengertian sepak bolah adalah bentuk dari kegiatan fisik yang memberikan manfaat pada kebugaran tubuh dan mental serta sosial yakni prestasi. Pada kajian ini lebih menyoroti pada permainan dan olahraga sepak bola kaitanny dengan kebugaran tubuh. Permainan ini sendiri masuk dalam aktifitas gerak olahraga, karena bentuk aktifitas fisik yang terstruktur, terencara dan berkesinambungan dengan tujuan untuk kebugaran tubuh yang lebih baik.

Menurut Subagyo Irianto (2010)

Pengertian sepak bolah menurut Subagyo Irianto adalah permainan dengan cara menendang sebuah bola yang diperebutkan oleh para pemain dari dua kesebelasan yang berbeda dengan maksud memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri jangan sampai kemasukkan bola.

Menurut Muhajir (2007)

Arti sepak bola menurut Muhajir adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara menyepak bola, dimana tujuannya adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan bertahan agar gawang agar tidak kemasukan bola.

Menurut Erick C. Batty (1982)

Pengertian sepak bolah merupakan permainan yang sederhana dan rahasia permainan sepakbola ialah melakukan hal-hal sederhana sebaik-baiknya. Walaupun sepakbola adalah permainan beregu namun setiap pemain harus menguasai teknik dasar baik itu dengan bola ataupun tanpa bola.

Menurut Luxbacher (2008)

Pengertian sepak bola adalah suatu permainan yang dipertandingkan antara dua tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 11 orang dan dilakukan dengan cara mempertahankan gawang dan berusaha menjebol gawang lawan.

Menurut Sucipto Dkk (2000)

Pengertian sepak bolah merupakan sebuah permainan yang hampir seluruhnya dimainkan menggunakan kaki, kecuali seorang penjaga gawang yang dibolehkan menggunakan lengannya di daerah tendangan hukumannya.

Menurut Remmy Muchtar (1992)

Menurut Remmy Muchtar, sepak bola didefinisikan sebagai suatu permainan yang dilakukan dengan cara pengolahan bola maupun dalam pengelolahan gerak tubuh dalam permainan.

Menurut Herwin (2004)

Pengertian sepak bolah menurut Herwin didefinisikan sebagai suatu permainan kelompok yang melibatkan banyak unsur, seperti fisik, teknik, taktik, dan mental.

Menurut Joko Purwanto (2004)

Definisi sepak bolah merupakan suatu bentuk permainan beregu yang menggunakan bola besar, dimainkan oleh 2 (dua) regu, dan tiap-tiap regu terdiri dari 11 pemain.

Menurut Nurhasan (2001)

Pengertian sepak bolah menurut Nurhasan adalah permainan sepak bola dilakukan dalam 2 (dua) babak, yang mana masing-masing dari babak pada umumnya berlangsung selama 45 menit. Permainan sepakbola dipimpin oleh seorang wasit dengan dibantu oleh dua hakim garis. Para pemain menggunakan sepatu bola serta kostum yang berbeda denganlawan mainnya, sedangkan untuk penjaga gawan harus mengenakan kostum khusus yang berbeda dengan para pemain lainnya.

Menurut Agus Salim

Definisi sepak bola adalah cabang olahraga yang memainkan bola menggunakan kaki dengan tujuan untuk memasukkan bola tersebut sebanyak mungkin ke gawang lawan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya, baik itu oleh asosiasi sepak bola atau pihak lain yang berwenang.

Tujuan Sepak Bola

Tujuan utama permainan sepak bola adalah untuk mencetak gol ke gawang lawan sebanyak-banyaknya. Selain itu juga ada fungsi dan tujuan sepak bola lain yaitu sebagai berikut.

  • Mencetak gol ke gawang lawan.
  • Mencegah agar gawang tidak kebbobolan dari serangan tim lawan.
  • Membangun kerjasama tim agar permainan lebih solid.
  • Menjaga sportifitas antar pemain sepak bola secara fair play.
  • Meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh.
  • Meraih prestasi juara dalam dunia sepak bola.

Teknik Dasar Sepak Bola

Terdapat 4 teknik dasar sepak bola secara umum, yakni teknik menendang bola, teknik menggiring bola, teknik menghentikan bola, dan teknik menyundul bola.

  • Teknik menendang bola, bisa dilakukan dengan kaki bagian luar, kaki bagian dalam, atau kaki bagian punggung.
  • Teknik menggiring bola, bisa dilakukan dengan kaki bagian luar, kaki bagian dalam, kaki bagian punggung, atau kedua kaki secara bergantian.
  • Teknik menghentikan bola, bisa dilakukan dengan kaki bagian luar, kaki bagian dalam, kaki bagian punggung, dengan dada atau perut, serta dengan kepala.
  • Teknik menyundul bola, bisa dilakukan dengan kepala.

Jumlah Pemain Sepak Bola

Jumlah pemain sepak bola adalah 11 pemain dalam 1 tim. Adapun posisi-posisi pemain dalam sepak bola adalah kiper (penjaga gawang), bek (pemain bertahan), gelandang (pemain tengah), dan penyerang (pemain depan).

Tiap tim juga memiliki beberapa pemain cadangan. Dalam 1 pertandingan diperbolehkan melakukan 3 pergantian pemain, kecuali untuk pertandingan yang masuk babak tambahan waktu, maka boleh melakukan 4 pergantian pemain.

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Ukuran lapangan sepak bola sesuai standar internasional adalah memiliki ukuran panjang lapangan 90 sampai 120 meter serta ukuran lebar lapangan 45 sampai 90 meter. Tinggi gawangnya 2,44 meter sedangkan lebar gawangnya 7,32 meter.

Kotak area gawang berukuran 5,5 meter dari garis gawang dengan lebar seukuran gawang ditambah 5,5 meter di kedua sisi gawang. Sementara area kotak penalti berjarak 16,5 meter dari garis gawang, dengan lebarnya seukuran gawang ditambah 16,5 meter dari kedua sisi gawang atau totalnya sekitar 40,32 meter.

Jarak titik penalti menuju gawang adalah 11 meter atau 12 yard dan berada di posisi tengah. Sedangkan jarak antara titik tengah lapangan saat kick-off dengan garis lingkaran luar adalah 9,15 meter

Durasi Waktu Permainan Sepak Bola

Lama waktu permainan sepak bola sesuai aturan internasional adalah 2 x 45 menit. Artinya terdapat 2 babak permainan, tiap babak berdurasikan 45 menit, sehingga totalnya adalah 90 menit. Saat pergantian babak terdapat jeda istirahat 15 menit.

Terdapat tambahan waktu atau injury time di akhir tiap babak sebagai pengganti waktu yang terbuang selama durasi waktu pertandingan. Umumnya waktu injury time berkisar antara 1 sampai 5 menit, tergantung kondisi dan situasi.

Dalam pertandingan sistem gugur yang mengharuskan adanya pemenang, jika pertandingan berakhir imbang akan diadakan perpanjangan waktu atau extra time. Durasi waktu perpanjangan waktu dalam sepak bola adalah 2 x 15 menit. Jika dalam perpanjangan waktu tersebut masih tetap imbang maka akan dilakukan adu penalti hingga salah satu tim menang.

Tinggalkan komentar