Pengertian Politik Luar Negeri Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Pengertian Politik Luar Negeri Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Pengertian Politik Luar Negeri Menurut Para Ahli dan Secara Umum – Kali ini akan kita bahas mengenai definisi politik luar negeri. Kita mungkin sering mendengar kata politik luar negeri di berbagai kesempatan, namun mungkin banyak yang belum mengerti apa arti politik luar negeri itu?

Setiap negara di dunia pastilah memiliki model politik luar negerinya sendiri. Misalnya Indonesia yang menganut politik luar negeri bebas aktif. Politik luar negeri yang dijalankan oleh setiap negara pada dasarnya merupakan suatu komitmen berupa strategi dasar dalam mencapai tujuan dan kepentingan nasionalnya. Politik luar negeri juga menjadi cerminan dari keinginan dan aspirasi seluruh rakyat suatu negara yang harus diperjuangkan pemerintahnya di luar negeri.

Pengertian politik luar negeri secara umum adalah arah kebijakan suatu negara untuk mengatur hubungan dengan negara lain dengan tujuan untuk kepentingan nasional negara tersebut dalam lingkup dunia internasional. Yaitu seperangkat pedoman untuk memilih tindakan yang ditujukan keluar wilayah suatu negara atau sistem tindakan-tindakan dari suatu pemerintah terhadap pemerintahan lainnya.

Definisi lain politik luar negeri (foreign policy) yaitu merupakan strategi suatu negara dalam berhubungan dengan negara lain berdasarkan nilai, sikap, arah serta sasaran untuk mempertahankan, mengamankan dan memajukan kepentingan nasional negara tersebut di dalam kancah dunia internasional. Oleh karena itu, setiap negara mempunyai kebijakan dan strategi politik luar negeri sendiri tergantung pada tujuan nasional masing masing negara.

Pengertian Politik Luar Negeri Menurut Para Ahli

Kebijakan politik luar negeri suatu negara dipengaruhi oleh faktor dalam negeri dan faktor luar negeri. Hal ini dikarenakan bentuk strategi politik luar negeri merupakan cerminan dari aspirasi seluruh rakyat sebuah negara yang harus diperjuangkan pemerintah di hadapan dunia internasional.

Pengertian Politik Luar Negeri Menurut Para Ahli

Dan untuk lebih jelasnya, simak penjelasan mengenai pengertian politik luar negeri menurut para ahli dan pakar berikut ini :

Hudson

Menurut definisi Hudson yang menyatakan bahwa pengertian politik luar negeri adalah sub-disiplin dari hubungan internasional tentang politik luar negeri untuk menjadi panduan bagi negara-negara lain yang ingin bersahabat dan bermusuhan dengan negara tersebut.

JR. Childs

Pengertian politik luar negeri menurut pendapat JR. Childs adalah pokok-pokok hubungan luar negeri dari suatu negara.

Columbis, (1986: 89-90)

Dengan kata lain politik luar negeri merupakan sintesa dari pengejawantahan tujuan dan kemampuan (kapabilitas) nasional.

Goldstein

Menurut Goldstein, pengertian politik luar negeri adalah strategi yang digunakan pemerintah sebagai pedoman dikancah internasional.

Crabb Jr. dalam Couloumbis & Wolfe, (1999: 126)

Politik luar negeri terdiri dari dua elemen, yaitu tujuan nasional yang akan dicapai dan alat-alat untuk mencapainya. Interaksi antara tujuan nasional dengan sumber-sumber untuk mencapainya merupakan subjek kenegaraan yang abadi.

Perwita & Yani, (2005: 47- 48)

Politik luar negeri adalah suatu perangkat yang digunakan untuk mempertahankan atau memajukan kepentingan nasional dalam percaturan dunia internasional, melalui suatu strategi atau rencana yang dibuat oleh para pengambil keputusan yang disebut kebijakan luar negeri.

Plano dan Olton

Menurut pendapat Plano dan Olton mengenai pengertian politik luar negeri yang menegaskan bahwa definisi politik luar negeri adalah strategi atau rencana tindakan yang dibuat oleh para pembuat keputusan negara dalam menghadapi negara lain atau unik politik internasional yang lainnya untuk mencapai tujuan nasional.

Demikianlah artikel tentang pengertian politik luar negeri menurut para ahli dan secara umum lengkap. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi ilmu pengetahuan dalam memahami definisi politik luar negeri yang benar.

Tinggalkan komentar