Pengertian Persekusi Menurut Para Ahli dan KBBI (+Contoh Kasusnya)

Pengertian Persekusi Menurut Para Ahli dan KBBI (+Contoh Kasusnya)

Pengertian Persekusi – Persekusi (bahasa Inggris: persecution) adalah perlakuan buruk atau penganiyaan secara sistematis oleh individu atau kelompok terhadap individu atau kelompok lain, khususnya karena suku, agama, atau pandangan politik.

Persekusi adalah salah satu jenis kejahatan kemanusiaan yang didefinisikan di dalam Statuta Roma Mahkamah Pidana Internasional. Timbulnya penderitaan, pelecehan, penahanan, ketakutan, dan berbagai faktor lain dapat menjadi indikator munculnya persekusi, tetapi hanya penderitaan yang cukup berat yang dapat dikelompokkan sebagai persekusi.

Dalam Statuta Roma dijelaskan bahwa persekusi terhadap suatu kelompok dianggap sebagai salah satu bentuk kejahatan terhadap kemanusiaan. Didalamnya dijelaskan mengenai larangan Persekusi terhadap suatu kelompok yang dapat diidentifikasi atau kolektivitas atas dasar politik, ras, nasional, etnis, budaya, agama, gender atau atas dasar lain yang secara universal diakui sebagai tidak diizinkan berdasarkan hukum internasional.

pengertian persekusi

Pengertian Persekusi Menurut KBBI

Arti kata persekusi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah pemburuan sewenang-wenang terhadap seorang atau sejumlah warga dan disakiti, dipersusah, atau ditumpas. Sedangkan arti kata memersekusi menurut KBBI adalah menyiksa atau menganiaya.

Pengertian Persekusi Menurut Para Ahli

Menurut Damar Juniarto

Persekusi adalah tindakan memburu seseorang atau golongan tertentu yang dilakukan suatu pihak secara sewenang-wenang dan sistematis juga luas, jadi beda dengan main hakim sendiri.

Menurut Masyhur Effendi, Taufani Sukmana Evandri (2007)

Pengertian persekusi adalah perampasan dengan sengaja dan kejam terhadap hak-hak dasar dan berhubungan dengan meniadakan identitas kelompok yang merupakan pelanggaran hukum internasional.

Contoh Kasus Persekusi

Misalnya pimpinan partai politik, ormas atau kelompok apapun yang diduga telah dihina dan dilecehkan oleh seseorang. Kemudian sekelompok masa parpol, ormas atau suatu golongan tersebut beramai ramai memburu dan mendatangi pelaku yang dianggap menghina atau melecehkan, kemudian mereka marah marah, melakukan penghinaan dan perbuatan kasar lain misalnya, maka hal ini termasuk dalam contoh kasus persekusi.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian persekusi menurut para ahli dan KBBI lengkap beserta contoh kasusnya. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi pengetahuan dalam memahami arti kata persekusi yang benar.

Bagikan :

Tinggalkan komentar