pengertian dasar negara

Pengertian Dasar Negara Beserta Arti, Kedudukan, Fungsi & Manfaatnya

Pengertian dasar negara – Tiap negara tentu memiliki dasar negara sebagai pedoman dan ideologi bangsa. Pengertian dasar negara secara singkat adalah landasan kehidupan bernegara atau berbangsa yang mana setiap negara memilki dasar negara sebagai dasar penyelenggaran negara tersebut. 

Beberapa fungsi dasar negara adalah sebagai dasar berdiri dan tegaknya suatu negara, sebagai pedoman partisipasi warga negara, dan sebagai landasan kegiatan penyelengaraan negara. Dasar negara juga berfungsi sebagai sumber hukum nasional.

Dasar negara Indonesia adalah Pancasila yang terdiri dari 5 sila. Adapun bunyi Pancasila yakni Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebjaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Pancasila menjadi simbol karakter dan kepribadian utama bangsa Indonesia. Selain itu kedudukan Pancasila sebagai dasar negara juga penting sebagai bentuk ideologi nasional. Lahirnya dasar negara tentu tidak muncul begitu saja, melainkan berasal dari buah pikiran para tokoh pendiri bangsa lewat proses diskusi yang panjang.

Dasar negara merupakan hal yang sangat penting bagi setiap negara, karena tanpa dasar negara, sebuah negara tidak akan mampu berkembang dengan baik. Untuk itu itap negara tentu memiliki dasar negara yang menjadi pedoman dan bentuk ideologi dari bangsa dan negara tersebut.

(baca juga pengertian bangsa)

pengertian dasar negara

Pengertian Dasar Negara

Di bawah ini akan dijelaskan pengertian dasar negara secara umum dan menurut penjelasan dan pendapat para ahli.

Definisi Dasar Negara Secara Umum

Pengertian dasar negara secara umum adalah sebuah sikap hidup, pandangan hidup, atau sesuatu yang tidak dapat dibuktikan kebenaran dan kesalahannya. Pada hakikatnya, dasar negara merupakan filsafat negara yang berkedudukan sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber tata tertip hukum dalam negara.

Arti dasar negara juga dapat didefinisikan sebagai landasan kehidupan dalam berbangsa dan bernegara dimana setiap negara mesti memiliki landasan untuk menjalankan kehidupan bernegaranya.

Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli

Berikut akan dibahas mengenai pengertian dan definisi dasar negara menurut teori dan pendapat para ahli.

Menurut Aristoteles

Pengertian dasar negara menurut Aristoteles adalah merupakan perpaduan Antara keluarga sampai pada beberapa desa. Yang nantinya mereka dapat berdiri mandiri dengan tujuan yang sama yaitu kesenangan dan kehormatan mereka.

Menurut Karl Marx

Pengertian dasar negara menurut Karl Marx adalah bahwa dasar negara merupakan suatu peringkat yang mempunyai kekuasaan dalam menjalankan eksploitasi ataupun penindasan kepada kelas yang lainnya.

Menurut George Jellinek

Dasar negara diartikan oleh George Jellinek sebagai sebuah organisasi dengan kekuasaan suatu kelompok orang. Dimana kelompok itu bertempat di suatu wilayah tertentu.

Menurut J. Rousseau

Definisi dasar negara adalah merupakan suatu alat yang mempunyai fungsi dalam menjaga kemerdekaan setiap individu dan juga ketertiban hidup rakyat negara tersebut.

Menurut C. Wheare

Pengertian dasar negara didefinisikan sebagai segala hal yang termasuk semua sistem tata negara yang mengandung beberapa aturan dalam menjalankan pemerintahannya.

Menurut Robert M. Mac. Iver

Arti dasar negara adalah merupakan bentuk asosiasi yang mempunyai peran dalam melindungi atau menjaga ketertiban bermasyarakat sesuai dengan system hukum yang berlaku. Dan dijalankan pemerintah yang berkuasa memberi tekanan maupun memaksa.

Menurut Tracy

Dasar negara adalah merupakan sebuah program yang ditujukan supaya dapat memberikan perubahan di dalam tatanan kehidupan bermasyarakat dalam sebuah negara.

Menurut R. Djoko Soetono

Definisi dasar negara menurut Djoko Soetono merupakan suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan sama dalam kepemimpinannya.

Menurut Frans Magnis Suseno

Dasar negara menurut Frans Magnis Suseno merupakan suatu kesatuan masyarakan politik yang berfungsi membuat, menerapkan, dan menjamin berlakunya norma kelakuan untuk seluruh masyarakat.

Menurut Roger F. Soltau

Arti dasar negara menurut pendapat Roger F. Soltau adalah suatu alat yang dipergunakan untuk mengendalikan segala persoalan dengan mengatas namakan rakyat.

Menurut Logemann

Menurut teori Logemann, pengertian dasar negara merupakan suatu organisasi kekuasaan yang menyatukan kelompok manusia yang kemudian disebut bangsa.

Menurut Prof. Mr. Soenarko

Dasar negara menurut Soenarko merupakan sebuah organisasi masyarakat yang mempunyai daerah tertentu, dimana kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai sebuah kedaulatan.

Fungsi Dasar Negara

Terdapat beberapa fungsi dasar negara selain sebagai bentuk ideologi suatu bangsa. Berikut merupakan beberapa tujuan dan fungsi dasar negara secara umum.

  • Sebagai dasar berdiri dan tegaknya suatu negara melalui hasil pemikiran para tokoh pendiri bangsa.
  • Sebagai pedoman dan dasar kegiatan penyelenggaraan negara dalam menjalankan roda pemerintahan.
  • Sebagai dasar bentuk partisipasi warga negara meliputi hak dan kewajiban masyarakat.
  • Sebagai dasar pergaulan dan interaksi antar warga negara.
  • Sebagai sumber hukum nasional yang harus dijalankan segenap elemen bangsa.

Manfaat Dasar Negara

Selain itu juga ada beberapa manfaat dasar negara yang dirasakan dan didapatkan oleh warga negar dan bagi pemerintah. Berikut merupakan manfaat-manfaat dasar negara secara umum.

  • Sebagai pedoman hidup untuk semua masyarakat yang tinggal di dalam suatu negara tersebut.
  • Dapat menjadi acuan dan tujuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Sebagai perwujudan kepribadian dan juga jiwa dari bangsa negara tersebut.
  • Memberikan tujuan dan juga arah agar cita-cita bangsa dapat tercapai dengan baik dan maksimal serta menjadi salah satu alat pemersatu bangsa.

Nah itulah referensi pengertian dasar negara menurut para ahli beserta arti dan definisinya secara umum. Dijelaskan pula apa saja fungsi dan manfaat dasar negara bagi pemerintahan suatu negara dan bagi masyarakat umum secara luas.

Tinggalkan komentar