Pengertian Cerpen (Cerita Pendek) | Arti dan Definisi Cerpen [Lengkap]

Pengertian Cerpen (Cerita Pendek) | Arti dan Definisi Cerpen [Lengkap]

Pengertian cerpen – Cerpen adalah singkatan dari cerita pendek. Kita sering membaca contoh-contoh cerpen di majalah, koran atau buku. Namun tahukah kamu apa arti cerpen secara umum? Apa definisi cerpen dan pengertian cerpen menurut para ahli bahasa dan sastra?

Secara umum pengertian cerpen adalah sebuah karangan pendek yang mengisahkan seorang tokoh dengan sebuah masalah beserta penyelesaiannya. Sesuai namanya, cerpen haruslah pendek dan ringkas sehingga diberi nama cerita pendek. Kurang lebih cerpen harus kurang dari 10 ribu kata, jika lebih maka sudah termasuk kategori novel.

Ciri-ciri cerpen adalah jumlah katanya kurang dari 10 ribu, ceritanya bersifat fiktif, hanya terdapat 1 alur cerita saja, kata-katanya mudah dimengerti serta penokohannya cenderung sederhana dan umum. Struktur cerpen terdiri dari abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi dan koda.

Unsur-unsur instrinsik cerpen antara lain adalah tema, plot atau alur, penokohan, latar, sudut pandang, gaya bahasa dan pesan. Sementara unsur-unsur ekstrinsik cerpen adalah latar belakang masyarakat, latar belakang pengarang serta nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen.

Ada banyak fungsi cerpen, salah satunya untuk tujuan hiburan dan estetis. Nah kali ini akan dibahas mengenai apa itu pengertian cerpen baik secara umum maupun menurut KBBI dan para ahli.

(baca juga pengertian syair)

pengertian cerpen

Pengertian Cerpen

Berikut akan dijelaskan pengertian cerpen dan definisinya secara umum menurut KBBI dan menurut para ahli secara lengkap dan detail.

Pengertian Cerpen Secara Umum

Pengertian cerpen atau cerita pendek secara umum adalah jenis karya sastra yang berbentuk prosa dan bersifat fiktif yang menceritakan kisah yang dialami oleh tokoh secara ringkas dan pendek disertai dengan berbagai konflik dan terdapat penyelesaian atau solusi dari masalah yang dihadapi. Cerpen disajikan secara pendek, ringkas dan singkat.

Arti Cerpen Menurut KBBI

Pengertian cerpen menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah kisahan pendek (kurang dari 10.000 kata) yang memberikan kesan tunggal yang dominan dan memusatkan diri pada satu tokoh dalam satu situasi (pada suatu ketika).

Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli

Di bawah ini akan dibagikan beberapa definisi dan pengertian cerpen menurut para ahli beserta penjelasan lengkapnya.

Menurut Nugroho Notosusanto

Definisi cerpen menurut pendapat Nugroho Notosusanto merupakan sebuah cerita yang panjang ceritanya berkisar 5000 kata atau perkiraan hanya 17 halaman kuarto spasi rangkap serta terpusat pada dirinya sendiri.

Menurut Sumardjo dan Saini

Pengertian cerpen menurut Sumardjo dan Saini adalah cerita fiktif atau tidak benar-benar terjadi, tetapi bisa saja terjadi kapanpun serta dimanapun yang mana ceritanya relatif pendek dan singkat.

Menurut Priyatni

Pendapat dari Priyatni mengungkapkan bahwa pengertian cerita pendek adalah bentuk karya fiksi yang memperlihatkan sifat yang serba pendek, baik peristiwa yang diungkapkan, jumlah pelaku, isi cerita dan jumlah kata yang digunakan. Perbandingan ini dikaitkan dengan bentuk prosa lain, yakni novel.

Menurut Hendy

Menurut pendapat Hardy, pengertian cerpen secara umum adalah suatu karangan yang berkisah pendek yang mengandung kisahan tungal.

Menurut Aoh. K.H

Pengertian cerita pendek menurut Aoh K.H. merupakan salah satu karangan fiksi yang biasa disebut juga dengan kisahan prosa pendek.

Menurut Sayuti

Menurut Sayuti, teks cerpen menunjukkan kualitas yang bersifat pemadatan, pemusatan dan pendalaman, yang semuanya berkaitan dengan panjang cerita dan kualitas struktural yang diisyaratkan oleh panjang cerita itu.

Menurut Tarigan

Pengertian cerpen menurut pendapat Tarigan adalah cerita rekaan yang masalahnya singkat, jelas dan padat dan terkonsentrasi pada suatu peristiwa atau kejadian.

Menurut Allan Poe

Menurut Allan Poe, cerita pendek merupakaan bacaan singkat yang dapat dibaca sekali duduk dalam waktu setengah sampai dua jam, genrenya memiliki efek tunggal, karakter, plot dan setting yang terbatas, tidak beragam dan tidak kompleks.

Menurut J.S. Badudu

Pengertian teks cerpen menurut J.S. Badudu merupakan sebuah cerita yang hanya menjurus serta terfokus pada satu peristiwa saja.

Menurut Turayev

Pengertian cerpen menurut Turayev merupakan sebuah bentuk karya sastra naratif yang menampilkan cerminan sebuah episode dalam kehidupan seorang tokoh.

Menurut Suharianto

Cerpen menurut Suharianto adalah cerita fiksi yang bentuknya pendek dan ruang lingkup permasalahannya disuguhkan sebagian kecil saja dari kehidupan tokoh yang menarik perhatian pengarang/penulis, dan keseluruhan cerita memberi kesan tunggal.

Menurut H. B. Jassin

Menurut pendapat H. B. Jassin, arti cerpen ialah sebuah cerita yang singkat yang harus memiliki bagian terpenting yakni perkenalan, pertikaian serta penyelesaian.

Menurut Suyanto

Pengertian teks cerpen menurut Suyanyo diartikan sesuai dengan namanya, yakni sebagai cerita yang berbentuk prosa pendek. Ukuran pendek di sini bersifat relatif.

Menurut A. Bakar Hamid

Pengertian cerpen menurut A. Bakar Hamid seharusnya dilihat dari kuantitas kata yang digunakan, yaitu antara 500 hingga 20.000 kata, terdapat plot, terdapat satu karakter, dan adanya kesan.

Menurut Saini

Definisi cerpen menurut Saini adalah cerita pendek fiksi atau tidak benar-benar terjadi, tetapi bisa terjadi kapan saja dan dimana saja dimana cerita ini relatif singkat.

Menurut Jacob

Jacob berpendapat bahwa arti cerpen adalah cerita fiksi pendek yang selesai dibaca dalam sekali duduk. Cerita pendek hanya memiliki satu arti, satu krisis dan satu efek untuk pembacanya. Pengarang cerpen hanya ingin mengemukakan suatu hal secara tajam.

Menurut Stanton

Definisi cerpen haruslah berbentuk padat, di dalamnya pengarang menciptakan karakter-karakter, semesta mereka, dan tindakan-tindakannya sekaligus secara bersamaan. Pendapat ini dikemukakan oleh Stanton.

Menurut The Liang dan A. Widyamartaya

Cerpen adalah cerita khayal berbentuk prosa yang pendek, biasanya di bawah 10.000 kata, tujuannya menghasilkan kesan kuat dan mengandung unsur-unsur drama. Oleh karena itu alurnya pun disebut konflik dramatik.

Menurut Kosasih

Cerpen adalah karangan pendek yang berbentuk prosa. Dalam cerita pendek dikisahkan sepenggal kehidupan tokoh, yang penuh dengan pertikaian, peristiwa yang mengharukan atau menyenangkan dan mengandung kesan yang tidak mudah dilupakan pembaca.

Nah demikian referensi pengertian teks cerpen secara umum dan menurut pendapat para ahli bahasa. Secara umum cerpen adalah cerita pendek. Kita pun bisa menemui contoh-contoh cerpen di koran, majalah, buku atau jurnal lainnya. Sekian referensi cerpen kali ini.

Tinggalkan komentar