Pengertian Biografi Beserta Definisi, Ciri-Ciri, dan Struktur Teks Biografi

Pengertian Biografi Beserta Definisi, Ciri-Ciri, dan Struktur Teks Biografi

Pengertian biografi – Kita tentu pernah membaca tulisan tentang seorang tokoh terkenal yang berpengaruh. Tulisan itulah yang disebut sebagai biografi. Secara singkat, definisi biografi adalah tulisan yang menjelaskan tentang kisah dan keterangan mengenai kehidupan seseorang atau kisah riwayat hidup seseorang.

Umumnya biografi dibuat untuk tokoh-tokoh penting dan terkenal saja, yang memberi jasa dan pengaruh pada bidang tertentu untuk kehidupan orang banyak. Panjang teks biografi pun bervariasi, bisa pendek 1 artikel saja, atau bisa juga sangat panjang hingga dijadikan sebuah buku atau lebih.

Penulisan teks biografi pun memiliki kaidah dan aturan tertentu, misalnya gaya bahasanya menggunakan narasi atau cerita, serta berisi fakta yang sesuai kenyataan berdasarkan pengalaman tokoh yang ada dalam biografi. Struktur teks biografi pun baku mulai dari orientasi, peristiwa, dan reorientasi.

Selain biografi, juga ada istilah otobiografi. Perbedaan biografi dan otobiografi ada pada penulisnya. Biografi merupakan kisah tentang tokoh yang ditulis orang lain, sedangkan pada otobiografi ditulis sendiri oleh tokoh yang ada pada tulisan, bisa menulis sendiri atau dengan bantuan penulis lain.

(baca juga biografi Soekarno)

pengertian biografi

Pengertian Biografi

Di bawah ini akan dijelaskan apa saja pengertian biografi secara umum, menurut KBBI, dan secara etimologis selengkapnya.

Arti Biografi Menurut KBBI

Pengertian biografi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain.

Definisi Biografi Secara Etimologis

Kata biografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu ‘Bios’ yang artinya hidup dan ‘Graphien’ yang artinya tulisan. Sehingga secara singkat pengertian biografi secara etimologis adalah tulisan yang membahas mengenai kehidupan seseorang.

Pengertian Biografi Secara Umum

Pengertian biografi secara umum adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang yang kompleks, tidak hanya bercerita tentang tanggal lahir atau pekerjaan seseorang saja, tapi juga tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut.

Dalam biografi, dijelaskan secara lengkap kehidupan seorang tokoh sejak kecil sampai tua, bahkan sampai meninggal dunia. Teks biografi disusun oleh orang lain, bukan oleh diri sendiri. Jika ditulis oleh subjek itu sendiri, maka termasuk autobiografi atau otobiografi.

Ciri-Ciri Biografi

Terdapat beberapa ciri-ciri dan karakteristik pada tulisan teks biografi. Berikut merupakan ciri-ciri biografi selengkapnya.

  • Memiliki struktur baku dalam penulisannya, meliputi orientasi, peristiwa atau masalah, dan reorientasi.
  • Isi biografi berisi fakta yang terjadi sesuai kenyataan.
  • Gaya bahasanya biasanya disajikan dalam bentuk narasi atau cerita.
  • Fakta diambil dari peristiwa hidup orang yang dinarasikan.
  • Terdapat kisah menarik dan menginspirasi yang ada pada teks biografi tersebut.
  • Umumnya hanya dibuat untuk tokoh yang dianggap penting dan berpengaruh terhadap kehidupan banyak orang.
  • Mengandung hal-hal yang dapat memotivasi seseorang sehingga mencontoh atau meneladani kehidupan tokoh dalam biografi tersebut.

Struktur Teks Biografi

Terdapat beberapa struktur teks biografi yang pasti ada dalam tiap tulisan biografi. Berikut merupakan 3 struktur biografi dan pengertiannya.

  • Orientasi, yakni bagian yang berisi tentang pengenalan tokoh atau gambaran awal mengenai tokoh yang sedang diceritakan.
  • Peristiwa/Masalah, yakni bagian yang berisi mengenai peristiwa yang pernah dialami oleh tokoh, termasuk masalah yang dihadapi dalam mencapai tujuan, serta pengalaman yang menginspirasi yang dialami oleh tokoh.
  • Reorientasi, yakni bagian penutup yang berisi tentang pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan tersebut.

Nah itulah referensi pengertian biografi menurut KBBI, secara umum, dan secara etimologis selengkapnya. Selain itu juga dijelaskan mengenai ciri-ciri biograf dan struktur teks biogradi beserta penjelasannya.

Tinggalkan komentar