Daftar Nama Raja Arab Saudi Lengkap dari Tahun ke Tahun

Daftar Nama Raja Arab Saudi Lengkap dari Tahun ke Tahun

Arab Saudi adalah negara yang berada di benua Asia. Negara ini berada di Asia Barat atau di kawasan Timur Tengah. Ibukota Arab Saudi adalah Riyadh. Negara ini memiliki nama resmi Kerajaan Arab Saudi. Negara ini adalah satu-satunya negara yang memiliki dua pesisir penting, yakni Laut Merah dan Teluk Persia, dan sebagian besar wilayah Arab Saudi merupakan gurun pasir. Bentuk pemerintahan Arab Saudi adalah monarki absolut. Raja Arab Saudi bertindak sebagai kepala pemerintahan.

Arab Saudi menggunakan sistem Kerajaan atau Monarki. Hukum yang digunakan adalah hukum Syariat Islam dengan berdasar pada pengamalan ajaran Islam berdasarkan pemahaman salafush shalih (para sahabat Nabi dan yang mengikuti mereka dengan baik). Negara Arab Saudi memiliki hubungan internasional dengan negara negara lain baik negara negara Arab, negara-negara anggota Organisasi Konferensi Islam atau negara-negara dunia lainnya.

Raja di kerajaan Arab Saudi adalah kepala negara dan kepala pemerintahan Arab Saudi. Ia menjabat sebagai pimpinan monarki Saudi. Raja Arab Saudi memiliki gelar Penjaga Dua Kota Suci yaitu Mekkah dan Madinah. Gelar yang menandakan kekuasaan Arab Saudi atas Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Posisi raja Arab Saudi tidak dipilih berdasarkan keturunan, melainkan berdasarkan kemampuan mereka. Meskipun begitu, hingga kini semua Raja setelah Abdul Aziz masih berasal dari lingkungan keluarga, semua Raja adalah putra-putranya. Berikut ini merupakan daftar nama nama Raja Arab Saudi dari tahun ke tahun selengkapnya. List nama raja ini ditampilkan dari awal sistem monarki sampai sekarang beserta masa jabatannya. Inilah daftar nama Raja Arab Saudi update terbaru.

raja arab saudi

Daftar Nama Raja Arab Saudi

NoNama RajaMulai MenjabatAkhir Menjabat
1Abdulaziz ibn Abdul Rahman (Ibn Saud)22 September 19329 November 1953
2Saud bin Abdulaziz Al Saud9 November 19532 November 1964
3Faisal bin Abdulaziz Al Saud2 November 196425 Maret 1975
4Khalid bin Abdulaziz Al Saud25 Maret 197513 Juni 1982
5Fahd bin Abdulaziz Al Saud13 Juni 198201 Agustus 2005
6Abdullah bin Abdulaziz Al Saud01 Agustus 200523 Januari 2015
7Salman bin Abdulaziz Al Saud23 Januari 2015sekarang

Nah itulah info list daftar nama Raja Arab Saudi terbaru dari masa ke masa lengkap. Saat ini, jabatan Raja Arab Saudi dijabat oleh Raja Salman. Ia pertama kali menjabat sebagai Raja Arab Saudi sejak tahun 2015 lalu. Sekian berita dunia terbaru kali ini.

Tinggalkan komentar