Ciri-Ciri Teks Eksposisi Beserta Struktur dan Penjelasannya [Lengkap]

Ciri-Ciri Teks Eksposisi Beserta Struktur dan Penjelasannya [Lengkap]

Ciri-ciri teks eksposisi – Teks eksposisi merupakan salah satu jenis pengembangan paragraf atau artikel. Isi teks eksposisi bertujuan memberi penjelasan dan informasi pengetahuan dengan jelas dan akurat. Terdapat karakteristik dan ciri-ciri teks eksposisi dari segi bahasa, penulisan, format, atau isi kandungannya.

Secara umum definisi dan pengertian teks eksposisi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang dimana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, akurat dan padat.

Sebuah teks eksposisi biasanya memiliki 3 bagian utama, yakni tesis, argumentasi, dan penegasan ulang. Secara umum 3 struktur teks eksposisi tersebut selalu ada sebagai karakteristik utama jenis teks ini.

Bagian tesis adalah pernyataan pendapat dari penulis, argumentasi merupakan bagian yang memuat alasan-alasan untuk memperkuat argumen penulis dalam menyetujui atau menolak suatu gagasan. Sedangkan penegasan ulang bertujuan menegaskan kembali di bagian penutup.

ciri-ciri teks eksposisi

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Ada beberapa ciri-ciri teks eksposisi, baik dari segi bahasa, kandungan isinya, serta data-data yang didapat dalam teks. Berikut merupakan beberapa karakteristik dan ciri-ciri teks eksposisi selengkapnya.

1. Menggunakan gaya bahasa persuasif

Ciri-ciri teks eksposisi yang utama adalah menggunakan gaya bahasa yang persuasif. Artinya bahasa yang digunakan bersifat mengajak.

2. Teks Jelas dan Lugas

Teks eksposisi menggunakan bahasa yang jelas dan lugas, sehingga lebih mudah dipahami oleh pembaca.

3. Menggunakan Pronomina

Ciri kebahasaan teks eksposisi adalah menggunakan pronomina, yakni jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina.

4. Berisi Informasi Pengetahuan

Isi dari teks eksposisi umumnya menjelaskan informasi-informasi tertentu, terutama tentang pengetahuan umum.

5. Isinya Menjawab Pertanyaan 5W + 1H

Umumnya isi teks eksposisi menjawab pertanyaan 5W + 1H yakni what, who, where, when, why dan how. Artinya teks ekposisi menjelaskan jawaban dari pertanyaan apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana.

6. Menggunakan Bahasa Baku

Ciri-ciri teks eksposisi berikutnya adalah menggunakan bahasa baku, yakni penulisan bahasa yang resmi dan formal.

7. Bersifat Netral

Ciri teks eksposisi berikutnya adalah bersifat netral dan objektif. Artinya teks eksposisi tidak memihak dan bersifat netral.

8. Menyertakan Data Valid

Teks eksposisi berisi informasi pengetahuan, yang buktinya disertai oleh data-data yang valid, akurat, kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan.

9. Menyajikan Fakta

Teks eksposisi juga menyajikan fakta-fakta ilmiah yang terjadi sebagai alat konkritasi dan kontribusi.

10. Tidak Memaksakan Kehendak pada Pembaca

Karena bersifat netral dan tidak memihak, teks eksposisi juga tidak memaksakan kemauan dari penulis terhadap pembacanya.

11. Menggunakan Konjungsi

Ciri-ciri teks eksposisi selanjutnya adalah menggunakan konjungsi yang bertujuan untuk memperkuat argumentasi.

12. Memakai Kata Leksikal Tertentu

Teks eksposisi memakai kata leksikal tertentu atau kata yang mengacu pada benda, baik nyata maupun abstrak dalam kalimat berkedudukan sebagai sebuah subjek.

Nah itulah referensi 10 ciri-ciri teks eksposisi dan penjelasannya, baik dari segi bahasa, penulisan, format, isi dan kandungannya. Semoga bisa menambah wawasan dan referensi.

Tinggalkan komentar