batas wilayah benua australia

Batas Wilayah Benua Australia di Sebelah Utara, Timur, Barat, dan Selatan

Batas wilayah benua Australia – Benua Australia merupakan salah satu nama benua yang jadi benua terkecil di dunia. Total luas wilayah benua Australia hanyalah 8.600.000 km persegi, dengan jumlah penduduk diperkirakan mencapai 38 juta jiwa. Benua Australia terdiri dari daratan utama negara Australia, pulau Tasmania, pulau Papua (New Guinea), dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Berdasarkan posisinya di peta, letak geografis benua Australia diapit oleh Samudera Pasifik di sebelah timur dan Samudera Hindia di sebelah barat dan sebelah selatan. Banyak yang menganggap bahwa benua Australia sama dengan kawasan Oceania, namun keduanya adalah terminologi yang berbeda. Kawasan Oceania ada di sebelah timur benua Australia, yang terdiri dari pulau-pulau kecil di tengah perairan Samudera Pasifik.

Sementara berdasarkan posisinya menurut garis bujur dan garis lintang, letak astronomis benua Australia terletak pada 10°LS–43°LS dan 113°BT–153°BT. Keseluruhan wilayah benua Australia terletak di belahan bumi bagian timur dan bagian selatan serta berada di sebelah selatan Benua Asia.

Benua Australia juga memiliki daerah perbatasan dengan wilayah di sekitarnya, baik di sebelah utara, timur, barat, dan selatan. Secara singkat inilah batas wilayah benua Australia :

  • Sebelah utara : Benua Asia
  • Sebelah timur : Samudera Pasifik, Kawasan Oceania
  • Sebelah barat : Samudera Hindia
  • Sebelah selatan : Samudera Hindia, Samudera Antartika
batas wilayah benua australia

Batas Wilayah Benua Australia

Berikut akan dibahas lebih detail mengenai batas-batas wilayah benua Australia, baik batas daratan maupun batas perairan di sebelah utara, timur, barat, dan selatan.

Sebelah Utara

Di sebelah utara, benua Australia berbatasan dengan wilayah benua Asia, tepatnya di kawasan Asia Tenggara.

Sebelah Timur

Di sebelah timur, benua Australia berbatasan dengan wilayah perairan Samudera Pasifik. Di bagian timur, juga ada Kawasan Oceania, terdiri dari pulau-pulau kecil di tengah Samudera Pasifik.

Sebelah Barat

Di sebelah barat, benua Australia berbatasan dengan wilayah perairan Samudera Hindia.

Sebelah Selatan

Di sebelah selatan, benua Australia berbatasan dengan wilayah perairan Samudera Hindia atau Samudera Antartika (Samudera Selatan). Kedua samudera tersebut memang tidak memiliki batas perairan yang jelas di bagian selatan, karena Samudera Antartika merupakan pertemuan dari tiga samudera (Pasifik, Atlantik, Hindia).

Nah itulah referensi mengenai batas-batas wilayah benua Australia di sebelah utara, timur, barat, dan selatan, baik batas wilayah daratan maupun batas wilayah perairan atau lautan.

Tinggalkan komentar