aspek geografi

Aspek Geografi dan Penjelasannya Lengkap (Aspek Fisik dan Sosial)

Aspek geografi – Geografi merupakan cabang ilmu pengetahuan yang membahas mengenai fenomena biosfer, gejala alam dan hubungannya dengan manusia. Cabang ilmu geografi sangat luas dan mencakup banyak objek kajian. Secara umum pembagian aspek geografi dibagi menjadi dua, yakni aspek fisik dan aspek sosial.

Pembelajaran ilmu geografi, terdapat beberapa metode dan pendekatan yang bisa digunakan. Ada tiga pendekatan geografi yang utama, yakni pendekatan spasial (keruangan), pendekatan ekologi (lingkungan), dan pendekatan regional (kompleks wilayah).

Berdasarkan objek studinya, cabang ilmu geografi memang mencakup banyak aspek dan ruang lingkup. Berbagai hal yang terkait dengan fenomena alam dan manusia termasuk dalam ilmu geografi, yang mungkin sering kita jumpai di sekitar kita dalam kehidupan.

Contoh bidang studi geografi misalnya yaitu astronomi, klimatologi, geofisika, meteorologi, hidrologi, pedologi, biologi, zoologi, fitologi, geologi dan lain-lain. Geografi membahas hal-hal terkait bumi, iklim, cuaca, ruang angkasa, relief, flora, fauna, budaya, sosial, kondisi regional dan masih banyak lagi.

Di antara semua cabang ilmu geografi yang dibahas, terdapat dua aspek geografi yang utama, yakni aspek fisik dan aspek sosial (non-fisik). Aspek fisik dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu aspek topografi, biotik dan non-biotik. Sedangkan aspek sosial dibagi menjadi 4 (empat), yaitu aspek sosial, ekonomi, politik dan budaya.

(baca juga prinsip geografi)

aspek geografi

Aspek Geografi dan Penjelasannya

Berikut merupakan pembahasan aspek-aspek ilmu geografi beserta jenis-jenis dan penjelasannya lengkap.

1. Aspek Fisik

Aspek fisik adalah salah satu aspek geografis yang mengkaji segala fenomena geosfer yang memengaruhi keberlangsungan hidup manusia. Aspek fisik meliputi aspek kimiawi, biologis, astronomis, dan semua fenomena alam yang langsung dapat diamati.

Terdapat 3 (tiga) macam aspek fisik, yakni aspek topografi, aspek biotik dan aspek non-biotik. Berikut merupakan macam-macam aspek fisik dan penjelasan lengkapnya.

a) Aspek Topografi

Aspek topografi adalah aspek geografi fisik yang berkaitan dengan letak atau lokasi suatu wilayah. Secara umum aspek topografi membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan letak daerah dan negara, bentuk muka buminya, luas area dan batas-batas wilayah yang mempunyai ciri-ciri khas tertentu.

b) Aspek Biotik

Aspek biotik adalah aspek geografi fisik yang berkaitan makhluk hidup. Secara umum aspek biotik membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur tumbuhan (flora), binatang (fauna) serta kajian penduduk.

c) Aspek Non-Biotik

Aspek non-biotik adalah aspek geografi fisik yang berkaitan dengan tanah dan air suatu wilayah. Secara umum aspek non-biotik membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur kondisi tanah, hidrologi baik perairan darat maupun laut dan kondisi iklim dari suatu wilayah.

2. Aspek Sosial

Selain aspek fisik, juga ada aspek geografis lain yaitu aspek sosial atau aspek non-fisik. Pengertian aspek sosial secara umum adalah aspek geografi yang membahas fenomena yang terjadi di geosfer yang masih berhubungan dengan kegiatan manusia.

Tujuan aspek sosial adalah mengetahui pola hubungan manusia dan lingkungannya. Aspek sosial meliputi kegiatan sosial, ekonomi, politik dan budaya. Berikut merupakan macam-macam aspek sosial dan penjelasannya lengkap.

a) Aspek Sosial

Aspek sosial adalah aspek geografi sosial yang berkaitan dengan unsur-unsur sosial. Secara umum aspek sosial membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur tradisi, adat-istiadat, komunitas, kelompok masyarakat dan lembaga-lembaga sosial.

b) Aspek Ekonomi

Aspek ekonomi adalah aspek geografi sosial yang berkaitan dengan hal-hal ekonomis. Secara umum aspek ekonomi membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan, industri, perdagangan, transportasi dan pasar.

c) Aspek Budaya

Aspek budaya adalah aspek geografi sosial yang berkaitan dengan unsur sosial-budaya. Secara umum aspek budaya membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur pendidikan, agama, bahasa, kesenian dan ragam budaya lain.

d) Aspek Politik

Aspek politik adalah aspek geografi sosial yang berkaitan dengan unsur politik. Secara umum aspek politik membahas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan unsur kepemerintahan yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat.

Nah demikianlah referensi mengenai aspek-aspek geografi dan contohnya serta pembahasan, penjelasan dan pengertian geografi secara lengkap. Secara umum terdapat 2 aspek utama geografi yang dibagi menjadi aspek fisik dan aspek sosial. Sekian referensi tentang ilmu geografi kali ini.

12 pemikiran pada “Aspek Geografi dan Penjelasannya Lengkap (Aspek Fisik dan Sosial)”

Tinggalkan komentar